Advertisement

Pengurus Baru Terbentuk, BSMI DIY: Perkuat Organisasi demi Optimalkan Misi Kemanusiaan

Media Digital
Selasa, 23 Januari 2024 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Pengurus Baru Terbentuk, BSMI DIY: Perkuat Organisasi demi Optimalkan Misi Kemanusiaan Ketua BMSI DIY, Nurhidayat Nugroho. - Harian Jogja/David Kurniawan\\r\\n

Advertisement

SLEMAN—Kepengurusan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) DIY periode 2023-2028 terbentuk per 22 Januari 2024. Selain memperkuat internal keorganisasian, pengurus baru juga ingin mengoptimalkan perannya di masyarakat, baik untuk masalah sosial maupun kebencanaan.

Ketua BMSI DIY, Nurhidayat Nugroho mengatakan kepengurusan baru sudah terbentuk. Rencannaya proses revitalisasi dan optimalisasi kinerja juga dilaksanakan pengurus BMSI di Tingkat kabupaten/kota di DIY.

Advertisement

Menurut dia, soliditas antarpengurus sangat penting guna menunjang segala ketugasan yang dimiliki. Di sisi lain, juga ada upaya penguatan sumber daya pendukung, khususnya menyangkut dengan operasional organisasi mulai dari penambahan sarana ambulans dan sarana akomodasi lainnya.

“Masing-masing bidang akan semakin dilengkapi sehingga kinerja yang professional benar-benar bisa diwujudkan,” kata Nurhidayat di ruang pertemuan Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY) PDHI, Kalasan, Selasa (23/1/2024).

Dia menjelaskan, BMSI merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan membantu masalah penanganan kebencanaan. Peran aktif dari organsiasi tidak hanya di dalam negeri, tapi juga ikut berperan terhadap masalah-masalah kemanusiaan di luar negeri.

“Paling terbaru kami telah mengirimkan bantuan bagi warga Palestina. Sebelumnya, saat terjadi gempa turki juga ada pengiriman bantuan maupun ahli Kesehatan guna membantu penanganan di sana,” katanya.

Menurut dia, tugas BMSI tidak hanya beraksi pada saat terjadi musibah bencana. Pasalnya, aksi kemanusiaan juga rutin dilakukan. Sebagai contoh, BMSI DIY secara rutin menyelenggarakan pengecekan Kesehatan gratis bagi lansia di Kapanewon Godean.

“Kami punya anggota lebih dari 30 dokter spesialis dan ini kami manfaatkan untuk program Kesehatan yang sifatnya prmotif maupun preventif,” katanya.

Di sisi kebencanaan, sambung Nurhidayat, ada beberapa sektor yang dikerjakan mulai dari mitigasi, tanggap bencana hingga proses pemulihan pasca-terjadinya kebencanaan. “Tentunya dalam menjalankan ketugasan juga terus berkoordinasi dengan organisasi kemanusiaan lain, BNPB, BPBD maupuan pemkab dan pemda,” katanya.

BACA JUGA: PMI Upayakan Bantu Evakuasi WNI dari Gaza

Sekretaris BMSI DIY, Bima Achmad Bina Nurutama menambahkan, pelantikan pengurus baru menjadi langkah penting dalam perjalanan untuk mencapai tujuan strategis yang dimiliki. Para pengurus baru bertekad untuk kerja sama dengan semua pihak guna peningkatan kualitas pelayanaan yang terbaik.

“Pengurus baru berkomitmen melanjutkan tradisi yang menjadi keunggulan BMSI dan membangun kemitraan yang kuat untuk mencapai tujuan bersama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenparekraf Ingin Iuran Pariwisata dari APBN

News
| Senin, 29 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement