Advertisement

Pemkab Sleman Bakal Bangun Gedung Parkir Senilai Rp15 Miliar di Pasar Godean

David Kurniawan
Kamis, 25 Januari 2024 - 17:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkab Sleman Bakal Bangun Gedung Parkir Senilai Rp15 Miliar di Pasar Godean Proyek pengerjaan parkir vertikal di Balai Kota Jogja - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman berencana membangun tempat parkir belakang Pasar Godean yang sekarang masih dalam proses pembangunan. Pembangunan fasilitas ini diperkirakan menelan biaya Rp15 miliar.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Tina Hastani mengatakan, revitalisasi Pasar Godean hingga saat ini masih berlangsung proses pembangunan pasar. Untuk pelaksanaan diserahkan sepenuhnya ke Balai Prasarana Permukiman Wilayan (BPPW) DIY.

Advertisement

BACA JUGA: Siap-siap, Pemberian Vaksin Booster Polio di Sleman Digelar Usai Pemilu

“Untuk detail dari perkembangan pasar belum tahu, tapi diperkirakan bisa digunakan di akhir 2024 karena sesuai kontrak pengerjaan sudah selesai di pertengahan tahun,” kata Tina kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Meski masih dalam pengerjaan, namun ia mengakui sudah ada rencana yang disusun oleh pemkab di 2025. Sesuai dengan detail engineering design (DED) yang sedang disusun, lokasi gedung parkir akan ada di belakang pasar.

Diperkirakan pembangunan gedung ini memakan biaya sekitar Rp15 miliar. Ia menjelaskan, untuk bentuk tempat parkir terdiri dari dua lantai yang nantinya terhubung dengan lokasi foodcourt di pasar.

“Masih dalam rencana karena pembangunan baru dilaksanakan di 2025. Sedangkan saat ini sedang fokus menyelesaikan DED,” katanya.

Tina berharap proses revitalisasi Pasar Godean senilai Rp106 miliar berjalan dengan lancar. Adanya pembangunan ini juga sebagai upaya pengembangan Kawasan di sisi barat Sleman.

“Semoga bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, pembangunan Pasar Godean akan memiliki tiga lantai. Selain itu, juga dilengkapi fasilitas taman terbuka hijau di lantai satu, serta foodcourt dan tempat ibadah di lantai dua. “Untuk lantai tiga akan digunakan sebagai tempat kantor UPT,” katanya.

BACA JUGA: Tragis! Pasangan ART Bunuh Bayi Hasil Hugel di Toilet Sebuah Klinik

Bangunan baru di pasar diperkirakan mampu menampung sekita 1.837 pedagang. Diharapakan dengan adanya revitalisasi  tidak hanya untuk mendorong pertumbungan ekonomi, tapi juga bisa menjadi ikon baru, khususnya di Kapanewon Godean.

“Tentunya pedagang maupun pembeli bisa semakin nyaman saat beraktivitas di pasar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement