Advertisement

Hujan Angin Sebabkan Banjir, Pohon Tumbang, Hingga Longsor di Sleman, Ini Sebarannya

Lugas Subarkah
Rabu, 31 Januari 2024 - 18:32 WIB
Budi Cahyana
Hujan Angin Sebabkan Banjir, Pohon Tumbang, Hingga Longsor di Sleman, Ini Sebarannya Ilustrasi hujan deras disertai angin. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan deras disertai angin kencang di berbagai wilayah di Kabupaten Sleman pada Rabu (31/1/2024) mengakibatkan longsor dan banjir serta menumbangkan pepohonan. Data bencana hidrometeorologi masih terus diperbaharui.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro, menjelaskan angin kencang menerjang Pakem menumbangkan satu pohon yang sempat menghalangi jalan Pulowatu-Turi.

Advertisement

“Di Kapanewon Depok, Ring Road Utara Kentungan Condongcatur, sebelah barat Underpass Kentungan, pohon tumbang melintang di jalan. Di Mrican, Caturtunggal, pohon tumbang di depan rumah. Di Karangwuni, Caturtunggal, pohon tumbang di Kafe Antologi,” katanya.

BACA JUGA: Hujan Angin Terjang Berbah Sleman, Pohon Bertumbangan, Rumah Rusak, Baliho Ambruk

Di Kapanewon Minggir, Sendangmulyo, pohon tumbang menimpa rumah warga. Hujan deras juga menyebabkan banjir meliputi di Kapanewon Sleman, Kompleks Pemda Sleman, Beran, Tridadi, Sleman, terendam luapan air hujan. “Saat ini sudah surut,” katanya.

Banjir juga sempat merendam beberapa titik lain seperti di Papringan, Caturtunggal, Depok. Beberapa rumah terendam air luapan sungai Gajah Wong. Di Moyudan, Sumberagung, banjir setinggi 50 sentimeter berasal dari luapan selokan kampung.

BACA JUGA: BMKG Imbau Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di DIY

Hujan deras juga menyebabkan longsor yakni di gang Mawar Santren, Caturtunggal, talut rumah longsor. Di Godean, Bukit Pandawa Sidorejo Godean, tebing longsor mengganggu akses jalan. Di Kapanewon Sleman, Saragan Pandowoharjo, tebing perumahan longsor tergerus liran air hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Naskah Kuno Indonesia Ditetapkan Jadi Memory of the World oleh UNESCO

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement