Advertisement

Kelenteng Poncowinatan Tak Gelar Perayaan Imlek Tahun Ini

Sirojul Khafid
Kamis, 01 Februari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Kelenteng Poncowinatan Tak Gelar Perayaan Imlek Tahun Ini Kelenteng Poncowinatan. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelenteng Poncowinatan tidak menggelar perayaan besar dalam rangka memperingati Imlek tahun 2024 ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, rumah ibadah bernama asli Kelenteng Kwan Tee Kiong tersebut biasanya menggelar serangkaian peringatan, baik berupa doa bersampai maupun festival.

Pengelola Kelenteng Kwan Tee Kiong, Margo Mulyo, mengatakan tidak adanya perayaan lantaran berdekatan dengan masa tenang pemilu 2024. “Sembahyang bersama enggak ada, tetapi tidak menutup untuk yang mau sembahyang sendiri-sendiri atau pribadi, yang bersama enggak ada. [Tidak ada perayaan besar Imlek karena] Jeda pemilu, masa tenang pemilu, takutnya dipolitisasi,” kata Margo saat ditemui di Kelenteng Kwan Tee Kiong, Jogja, Kamis (1/2/2024).

Advertisement

Tidak hanya di Kelenteng Kwan Tee Kiong, kemungkinan perayaan Imlek secara besar-besaran juga tidak ada di kelenteng lainnya di Jogja. "Imlek bertepatan dengan 10 Februari 2024. Memasuki tahun Naga Kayu, Margo berharap Indonesia semakin damai dan sejahtera. “Semoga damai-damai saja pemilu [tahun ini],” katanya.

Sebagai informasi, setelah adanya kampanye terbuka beberapa waktu lalu, masa tenang kampanye berlangsung pada 11-13 Februari 2024. Adapun untuk hari H pemilu berlangsung 14 Februari 2024.

Tentang Kelenteng Poncowinatan

Kelenteng Poncowinatan atau Kelenteng Kwan Tee Kiong merupakan salah satu kelenteng tua di Kota Jogja. Kelenteng ini dibangun pada 1881 dan merupakan cagar budaya di Kota Jogja. Berdiri di tanah hibah Sri Sultan HB X, ada fasilitas pendukung seperti SD Tionghoa modern bernama Sekolah Tiong Hoa Hak Tong.

BACA JUGA: Jelang Imlek, Kelenteng Gondomanan Gelar Doa Tolak Bala

SD Tionghoa ini dibangun pada 1907 oleh Perserikatan Orang Tionghoa, Tiong Hoa Hwee Koan (THHK). Sekolah tersebut berada di sebelah barat kelenteng. Bangunan itu kini digunakan sebagai Sekolah Budya Wacana. Ada pula lapangan untuk berbagai kegiatan, termasuk latihan fisik, kungfu, dan lainnya.

Kelenteng Poncowinatan merupakan tempat beribadah bagi tiga kepercayaan, yakni Konghucu, Buddha, dan Taoisme. Dari penggunaan tersebut, kelenteng ini dikenal sebagai pemujaan Tri Dharma. Kelenteng Poncowinatan berada di Jalan Poncowinatan No. 11, Gowongan, Jetis, Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 3 kilometer atau 8 menit berkendara dengan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement