Advertisement

Hujan Turun, Harga Sayuran di Kulonprogo Mulai Mahal

Catur Dwi Janati
Kamis, 01 Februari 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Hujan Turun, Harga Sayuran di Kulonprogo Mulai Mahal Aktivitas jual beli di Pasar Sentolo pada Kamis (1/2/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat harga sayuran di pasaran Kulonprogo berangsur naik. Sejumlah jenis sayur terutama yang rentan busuk karena tergenang di musim hujan membuat harganya kini terus melambung. 

Salah satu pedagang Pasar Sentolo, Palupi tak memungkiri adanya kenaikan harga sayur di sejumlah komoditas. Sayur jipang misalnya yang biasanya dibanderol dengan harga Rp3.000 per kilogram kini harganya naik jadi Rp8.000 per kilogram. Sedangkan kacang panjang kini dijual dengan harga Rp7.000-8.000 dari sebelumnya yang berkisar antara Rp4.000-Rp5.000 per kilogram. 

Advertisement

Kenaikan cukup ekstrem terjadi pada komoditas daun bawang dan tomat. Daun bawang yang biasa dihargai Rp7.000 per kilogram, kini naik Rp9.000 menjadi Rp16.000 per kilogram. "Tomat dulu Rp5.000 sekarang Rp19.000," kata dia, Kamis (1/2/2024).

Kenaikan harga sayuran ini diungkapkan Palupi terjadi lantaran hujan yang mulai turun. Hujan berdampak pada sejumlah lahan budi daya sayuran yang tergenang bahkan gagal panen lantaran busuk. "Kalau musim hujan ya kaya gini banyak tergenang. Akhirnya yang naik [harga] sayur-sayuran," ujarnya.

Bahkan, kata dia, ada sayuran yang sudah mulai sulit didapatkan para pedagang di pasaran. Sayuran jenis bayam misalnya, diungkapkan Palupi kini mulai susah didapatkan sekarang. "Enggak naik tetapi enggak ada barang bayam. Soalnya ya itu hujan kan enggak bisa memanen, terus tergenang air," ungkapnya. 

BACA JUGA: Duh, Harga Sayuran di Jogja Melonjak Drastis

Palupi pun tidak bisa memprediksi kapan kenaikan harga sayur mayur ini akan berlangsung. Terlebih musim hujan yang dinilai Palupi baru saja tiba. "Enggak tahu sampai kapan. Kita juga enggak tahu sampai kapan, ini kan hujannya baru mulai," tandasnya. 

Pedagang lainnya di Pasar Sentolo, Ari, juga merasakan kenaikan harga di sejumlah dagangannya. Kacang hijau yang yang dulu dibanderol Rp16.000 per kilogram kini sudah baik di angka Rp20.000 per kilogram. Sementara kacang tanah yang dulu dijual Rp27.000 per kilogram kini naik jadi Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement