Advertisement

22 Masjid dan Musala di Kulonprogo Bakal Terdampak Tol Jogja-YIA, Terbanyak di Kapanewon Ini

Catur Dwi Janati
Jum'at, 02 Februari 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
22 Masjid dan Musala di Kulonprogo Bakal Terdampak Tol Jogja-YIA, Terbanyak di Kapanewon Ini Ilustrasi pekerja proyek jalan tol Jogja. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejumlah masjid dan musala di Kulonprogo berpotensi terdampak pembangunan Tol Jogja-YIA.

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Kulonprogo, Haris Widiyanto mengungkapan ada 22 masjid dan musala di Kulonprogo yang bakal terdampak proyek tol. Masjid dan musala ini tersebar di empat Kapanewon, yakni Kapanewon Temon, Kokap, Pengasih dan Sentolo. "Melewati tanah warga termasuk tanah wakaf," ungkapnya, Jumat (2/2/2024).

Advertisement

Masjid dan musala di Kapanewon Sentolo paling banyak terdampak yakni sebanyak delapan titik. Disusul Kapanewon Temon sebanyak tujuh lokasi, Kokap empat lokasi dan Pengasih tiga lokasi. Tak hanya berstatus wakaf, sejumlah musala pribadi pun juga bakal terdampak tol.

Nantinya, kata dia, musala dan masjid terdampak akan dibangun ulang di lokasi lain. Dalam pemindahannya akan digelar koordinasi antara warga pengguna tempat ibadah, pengurus masjid/musala, Kemenag dan pihak pengembang tol.  

BACA JUGA: Dampak Tol Jogja-Solo, Ring Road Diwacanakan Dipasang Bundaran Besar

Tanah pengganti diharapkan bisa sesuai dengan yang dikehendaki warga jemaah pengguna masjid/musala terdampak. Bangunan masjid baru akan disesuaikan dengan nilai appraisal tanah dan bangunan pada masjid terdampak sebelumnya.

Minimal harus senilai atau sepadan dengan tanah dan bangunan awal. "Kami melindungi warga, khususnya wakif yang sudah mewakafkan tanahnya itu kan harapannya mendapat tabungan amal selamanya sampai besok di kiamat. Jangan sampai tanah itu hilang," tegasnya.

Hingga kini belum ada pertemuan atau rapat lanjutan tentang pemindahan ini. Pasalnya aktivitas pembangunan tol seperti pembukaan lahan belum nampak di Kulonprogo. Baru sebatas pematokan.  Saat ini pembangunan yang terlihat berlangsung masif masih berada di wilayah Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement