Advertisement

KPU Bantul Berikan Bimtek untuk KPPS TPS Khusus

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 06 Februari 2024 - 04:47 WIB
Ujang Hasanudin
KPU Bantul Berikan Bimtek untuk KPPS TPS Khusus Petugas KPPS mengenakan kostum badut di TPS 4, RW 2, Bener, Tegalrejo. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul membentuk 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) lokasi khususi untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari instansi tersebut akan ditempatkan di sana. 

TPS lokasi khusus yang akan didirikan dalam Pemilu tahun 2024 yaitu di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Institut Seni Indonesia (ISI), Rutan Kelas IIB Bantul, Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha, Ponpes Al Munawwir, Ponpes Ali Maksum, Ponpes An Nur, dan Islamic Center bin Baz.

Advertisement

Ketua KPU Bantul, Joko Santosa menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan pembentukan TPS lokasi khusus tersebut diselenggarakan untuk mengakomodir kebutuhan pemilih dari luar daerah. Dia menyampaikan di lokasi TPS lokasi khusus tersebut akan ada KPPS yang berasal dari instansi terkait. 

“KPPS [TPS lokasi khusus] dari instansi [terkait], ada mahasiswa dan [pegawai] instansi, seperti di Rutan Kelas II B Bantul dengan [KPPSnya] petugas dari sana, semua dari sana, sampai keamanan ketertiban [Linmas] itu dari sipir, kemudian di [berikan] Surat Keputusan [SK] lurah,” katanya, Senin (5/2/2024). 

BACA JUGA: KPU Bantul Bakal Dirikan 22 TPS Khusus, Ini Lokasinya

Petugas KPPS TPS lokasi khusus pun telah diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait mekanisme pemungutan dan perhitungan suara. Joko menyampaikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga dilibatkan dalam pemberian Bimtek kepada KPPS TPS lokasi khusus. 

“Kita juga lakukan Bimtek pendalaman terkait bagaimana [pengisian] formulir hasil dan menyalinnya,” ujarnya. 

Sementara Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Faris Al-Fadhat menyampaikan pihaknya telah melakukan pendataan jumlah mahasiswa yang melakukan pindah memilih. Dari pendataan tersebut, menurut Faris telah dipetakan beberapa mahasiswa yang memilih di Bantul. 

Menjelang pencoblosan, Faris mengaku telah menyiapkan lokasi TPS lokasi khusus di UMY. 

“Menjelang hari pencoblosan kami sudah menyiapkan tempat [TPS lokasi khusus] di Student Center, dan sudah kami sosialisasikan kepada mahasiswa yang mencoblos, dimana secara teknis KPU akan menyiapkan tempat dan logistik pencoblosannya. Kami hanya menyediakan tempat dan 7 [orang] KPPS,” katanya. 

KPPS di TPS lokasi khusus UMY terdiri dari dosen, staff dan mahasiswa. (Stefani Yulindriani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement