Advertisement

KPU DIY Memastikan Aplikasi Sirekap Optimal Digunakan di Pemilu Mendatang

Yosef Leon
Senin, 12 Februari 2024 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
KPU DIY Memastikan Aplikasi Sirekap Optimal Digunakan di Pemilu Mendatang Gedung KPU / JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU DIY memastikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang nantinya digunakan petugas KPPS dipastikan berfungsi optimal pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan penggunaan aplikasi Sirekap sudah diperhitungkan sejak awal oleh pihaknya. Sebab dipastikan bakal ada banyak pengguna yang mengakses aplikasi tersebut sat Pemilu berlangsung. "Itu sudah diperhitungkan betul oleh KPU dan kita sudah simulasikan, itu bagian dari antisipasi agar pas hari h tidak ada kendala," kata Shidqi, Senin (12/2/2024).

Advertisement

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY Tri Mulatsih menjelaskan aplikasi Sirekap digunakan dengan tiga tujuan utama yakni salinan yang diberikan kepada saksi pengawas dan pihak terkait; untuk informasi publik yang bisa diakses siapapun dan persiapan rekapitulasi di tingkat kecamatan dan tingkat lain.

"Mengingat pentingnya rekapitulasi itu, dari KPU RI sudah mempersiapkan sebaik-baiknya. Untuk uji coba sendiri kita sudah uji coba beberapa kali dan itu dilaksanakan oleh semua anggota KPPS yang nantinya jadi operator Sirekap," katanya.

Baca Juga

Tak Ada TPS Blank Spot, KPU Bantul: Cuma Ada TPS yang Lemah Sinyal

Anggota KPU: Aplikasi Sirekap Kurangi Beban Tugas KPPS

Komisioner KPU Bantul, Mestri Widodo: KPPS Butuh Banyak Tenaga Muda

Dia menambahkan Sirekap dirancang untuk digunakan dalam versi web dan versi gawai atau mobile. Untuk versi web terdapat di tingkat KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, dan PPK atau dalam konteks wilayah DIY, terdapat di KPU DIY, KPU Kabupaten/Kota se-DIY, dan PPK se-DIY. Sedangkan untuk versi gawai atau mobile, terdapat di tingkat PPK dan KPPS di seluruh TPS.

Tri menyatakan uji coba aplikasi Sirekap sudah beberapa kali dilaksanakan. "Uji coba terakhir itu sudah terlihat Sirekap berfungsi dengan baik jika dibandingkan dengan uji coba pertama. Artinya Sirekap sebagai hal yang nanti akan digunakan di hari H untuk tiga tujuan itu dapat berfungsi optimal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkum HAM Angkat Bicara Terkait Rencana KUA Layani Semua Agama

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement