Advertisement

Pemilu, Ribuan Saksi PDIP di Kulonprogo Didaftarkan Jaminan Kecelakaan dan Kematian

Newswire
Selasa, 13 Februari 2024 - 08:47 WIB
Maya Herawati
Pemilu, Ribuan Saksi PDIP di Kulonprogo Didaftarkan Jaminan Kecelakaan dan Kematian Pemilu, pemungutan suara, kertas suara - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 2.600 saksi Pemilu 2024 untuk PDIP Kulonprogo didaftarkan program jaminan kecelakaan dan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kulonprogo Fajar Gegana di Kulonprogo Senin (12/2/2024) mengatakan, PDIP Kulonprogo kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan sanksi partai tersebut di seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

Advertisement

"Harapannya dengan diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan ini, saksi-saksi di tingkat TPS bisa tenang dalam menjalankan tugas," kata Fajar.

Menurut dia, menjadi saksi saat menjalankan tugas mengawasi pencoblosan hingga penghitungan suara ada risiko-risiko yang tidak diinginkan, mulai dari kecelakaan kerja hingga kematian.

BACA JUGA: Penyebab Ledakan di Pabrik Tahu Gunungkidul hingga Separuh Bangunan Hancur

"Untuk mengantisipasi yang tidak kita inginkan, maka PDIP Kulonprogo memberikan perlindungan kepada saksi-saksi yang ditugaskan," katanya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kulonprogo Slamet Taryono menyambut positif langkah Pengurus PDIP Kulonprogo yang memberikan perlindungan bagi ribuan saksi pemilu dalam bentuk asuransi itu.

Saat ini baru PDI Perjuangan Kulonprogo yang memberikan perlindungan kepada saksi Pemilu 2024. "Dengan adanya program ini maka para saksi bisa mendapat perlindungan penuh dari jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian," katanya.

Ia menjelaskan, program perlindungan saksi itu berlaku selama satu bulan, dengan besar iuran Rp16.800 setia saksi. Saksi bisa memperpanjang sendiri jika sudah lewat batas waktu yang ditentukan.

"Masa kepesertaan satu bulan, apabila para saksi akan melanjutkan kembali bisa menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kulonprogo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkum HAM Angkat Bicara Terkait Rencana KUA Layani Semua Agama

News
| Sabtu, 02 Maret 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement