Advertisement

Bawaslu Bantul Klaim Tingkat Partisipasi Pemilih saat PSU Cukup Tinggi

Jumali
Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bawaslu Bantul Klaim Tingkat Partisipasi Pemilih saat PSU Cukup Tinggi Suasana Pemungutan Suara Ulang di TPS 3 Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan, Sabtu (24/2/2024) pagi - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul mengklaim tingkat partisipasi masyarakat di lima TPS yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (24/2/2024) cukup tinggi.

Hal ini didasarkan kepada hasil  pengawasan di lima TPS yang memperlihatkan tingkat partispasi masyarakat di tiap TPS lebih dari 50 persen.

Advertisement

“Sepanjang pantauan kami, tingkat partisipasi di masing-masing TPS yang menggelar PSU cukup tinggi. Setiap TPS tingkat partisipasinya diatas 50 persen,” kata Ketua Bawaslu Bantul Didik Joko Nugroho, Sabtu (24/2/2024).

Padahal, sebelum dilaksanakannya PSU, Bawaslu Bantul sempat mengkhawatirka jika  tingkat partisipasi masyarakat saat PSU akan menurun.

Sebab, selain karena digelar ulang, pelaksanaan PSU juga digelar pada hari Sabtu, bukan pada hari libur, seperti hari Minggu.

“Tapi, ternyata tingkat partispasinya cukup tinggi. Artinya mitigasi yang dilakukan dengan melibatkan tokoh masyarakat dan sejumlah stakeholder untuk menyosialisasikan pelaksanaan PSU cukup berjalan baik dan efektif,” terang Didik.

“Kami apresiasilah untuk jajaran penyelenggara, untuk KPU yang sudah mensosialisasikan PSU sehingga tingkat partisipasi tidak turun drastis,” lanjut Didik.

BACA JUGA: Gara-Gara Satu Pemilih DPTb, TPS 3 Kalipakis Bantul Terpaksa Pemungutan Suara Ulang

Sementara terkait dengan praktik politik uang, Didik mengaku sampai saat ini, Bawaslu belum mendapatkan laporan dari masyarakat.

Diakui Didik, praktik poltik uang sempat menjadi perhatian khusus dari Bawaslu pada PSU kali ini, di samping partisipasi masyarakat.

“Tentunya yang rawan [politik uang] itu ada di Kasihan [TPS 3 Kalipakis], karena disana cukup banyak jenis surat suara yang dilakukan PSU. Karena itu teman-teman pengawas diminta untuk melakukan patroli, pendekatan dengan tokoh masyarakat di Kalipakis hingga H-1 kemarin,” ucap Didik.

Sementara Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan di DIY ada sebanyak 17 TPS menggelar PSU, dengan perincian 5 TPS di Kabupaten Bantul, 9 TPS di Kabupaten Sleman dan 3 TPS di Kota Jogja. Selain PSU, ada 6 TPS di Kabupaten Sleman juga menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

“Dan, semua hari ini sedang menjalankan PSU dan PSL. Kebetulan saya di Berbah, tadi saya cek di Bantul dan Kota Jogja, semua sudah berlangsung. Sejauh ini partisipasinya lumayan tinggi,” terang Ahmad Shidqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement