Advertisement

Kolaborasi UMKM dan Pariwisata Dorong Perekonomian Sleman

Newswire
Rabu, 28 Februari 2024 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Kolaborasi UMKM dan Pariwisata Dorong Perekonomian Sleman Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kolaborasi sektor wisata dan budaya serta potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dilakukan Pemkab Sleman untuk mengembangkan perekonomian di wilayah.

"Kami juga melakukan kolaborasi sektor pariwisata dengan potensi lokal wilayah seperti pertanian, perkebunan, geo heritage serta teknologi digital," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menerima kunjungan rombongan Komisi X DPR di Sleman, Selasa (28/2/2024).

Advertisement

Menurut dia, pada 2023 total pergerakan wisatawan di Kabupaten Sleman sebanyak delapan juta orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Rata-rata wisatawan lokal berbelanja tidak kurang dari Rp1,37 juta selama kunjungannya. Sedangkan untuk mancanegara membelanjakan tidak kurang dari 330 dolar AS selama berada di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, hal ini karena Kabupaten Sleman memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Seperti adanya lebih dari 80 desa wisata di Kabupaten Sleman dengan karakter dan keunggulannya masing-masing," katanya.

Kustini mengatakan, dari data pada aplikasi satu data UMKM, saat ini di Sleman terdapat sebanyak 109.759 UMKM yang terdiri dari 109.579 usaha mikro, 168 usaha kecil dan 11 pelaku usaha menengah.

"Sementara untuk produk UMKM diantaranya pada bidang kuliner, kerajinan, fesyen, dan lainnya," katanya.

BACA JUGA: KPU Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Gunungkidul Berjalan Lancar

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengapresiasi pencapaian Kabupaten Sleman pada sektor pariwisata, kebudayaan, ekonomi kreatif, pendidikan bahkan olahraga.

Ia berharap prestasi dan hal-hal positif yang berhasil digagas oleh Kabupaten Sleman dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

"Tadi juga sempat dijelaskan beberapa desa di Kabupaten Sleman mempunyai 'sport center' internet gratis di semua desa. Dan ada beasiswa bagi masyarakat kurang mampu dengan bekerja sama dengan CSR dan perguruan tinggi. Ini saya baru tau ini ada gerakan seperti ini, dan mungkin masih banyak lagi," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Komisi X DPR juga diajak melihat produk kerajinan di Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman.  Kemudian dilanjutkan mengunjungi objek wisata Studio Alam Gamplong yang berada di Kapanewon (Kecamatan) Moyudan, Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement