Advertisement

KPU Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Gunungkidul Berjalan Lancar

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 28 Februari 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
KPU Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Gunungkidul Berjalan Lancar Ilustrasi pemilu / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul menilai penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 berjalan lancar setiap tahapnya. Dalam dua hari ke depan, sejak Selasa 27 Februari 2024, KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan kendati setiap tahap berjalan dengan lancar, namun dia tidak menampik ada kekurangan surat suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS).

Advertisement

BACA JUGA : 14 Kecamatan di Gunungkidul Selesai Rekapitulasi Suara, Tinggal Empat Kecamatan Lagi

“Meskipun sempat terkendala dengan kurangnya kertas suara, berkat kesigapan petugas semua pemilih dapat terlayani dengan baik hak suaranya,” kata Asih Selasa (27/2/2024).

Menurut Bawaslu DIY, kekurangan dan kelebihannya surat suara (susur) di Gunungkidul cukup signifikan. Jumlahnya dapat mencapai 50 sampai 100 susur. Hal ini sempat membuat pemungutan suara terganggu meski berhasil ditangani sehingga pemungutan suara berjalan lancar.

Asih menambahkan rekapitulasi ditingkat kecamatan juga dibantu dengan sistem SiRekap. Sistem ini dapat memenuhi unsur transparansi dan akuntabilitas karena masyarakat dapat melihat bukti kertas C1.

Disinggung perihal partisipasi pemilih, Asih belum dapat menyampaikannya. KPU baru dapat mengetahui tingkat partisipasi setelah proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten selesai.

"Kami tegaskan, tidak ada manipulasi suara dan pergeseran suara dalam rekapitulasi di tingkat kabupaten. Apabila ada kekeliruan di sistem SiRekap itu murni kesalahan teknis," kata Asih.

Senada dengan Asih, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengaku proses pelaksanaan Pemilu mulai dari pendaftaran sampai saat ini berjalan aman dan kondusif. “Ini menjadi hal yang cukup baik,” kata Sunaryanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement