Advertisement

14 Kecamatan di Gunungkidul Selesai Rekapitulasi Suara, Tinggal Empat Kecamatan Lagi

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 23 Februari 2024 - 23:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
14 Kecamatan di Gunungkidul Selesai Rekapitulasi Suara, Tinggal Empat Kecamatan Lagi Foto Ilustrasi. Siswa memasukkan surat suara saat mengikuti rangkaian simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (23/2/2023). Antara - Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan baru ada 14 kecamatan di Gunungkidul yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara. Dengan begitu tersisa empat kecamatan yang masih melakukan proses rekap.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan setelah rekap di tingkat kecamatan selesai, barulah rekap tingkat kabupaten dimulai. “Rekap di kabupaten selesai nanti baru rekap di tingkat provinsi. Terakhir rekap di Pusat,” kata Asih ditemui di kantornya, Jumat (23/2/2024).

Advertisement

Sampai saat ini, Asih mengaku tidak ada laporan kendala dalam proses rekap di tingkat kecamatan. Begitupun pemungutan suara ulang (PSU) juga tidak ada.

Baca Juga

KPU Gunungkidul Akan Membekali KPPS Apabila Pemilu Dua Putaran

Hasil Real Count KPU Sementara Suara Tertinggi Caleg DPRD DIY Dapil Gunungkidul, Sejumlah Petahana Tak Masuk 15 Besar

KPU Perbaiki Data Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024 di 74.181 TPS

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Andang Nugroho mencatat setidaknya ada dua hal yang perlu dievaluasi terkait dengan proses rekapitulasi suara. Pertama, Andang menyoroti perkara proses rekap yang sempat diskorsing. “Kami berharap adanya kesiapan sistem dan uji coba sebelum sistem itu digunakan,” kata Andang.

Kedua, menurut dia masih ditemukan adanya kesalahan penulisan di C.Salinan. Tegasnya, Bawaslu berharap ada perbaikan terkait bimbingan teknis untuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). “Terkait PSU, di Gunungkidul tidak ada PSU,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement