Advertisement

KPU Gunungkidul Akan Membekali KPPS Apabila Pemilu Dua Putaran

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 25 Januari 2024 - 16:07 WIB
Abdul Hamied Razak
KPU Gunungkidul Akan Membekali KPPS Apabila Pemilu Dua Putaran Ilustrasi pelantikan kpps

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul akan membekali Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) apabila Pemilu 2024 berjalan dua putaran. Pembekalan diberikan pada bimbingan teknis (bimtek) yang akan diselenggarakan tiga hari ke depan.

Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat, Sumber Daya Manusia, Sosialisasi Pendidikan Pemilih KPU Gunungkidul, Sudarmanto apabila Pemilu 2024 dua putaran maka akan ada penyesuaian lagi terkait dengan personel.

Advertisement

BACA JUGA: Viral Konsumsi Pelantikan KPPS Dinilai Tak Layak, Ini Penjelasan Ketua KPU Bantul

“Dari sisi personel bisa berubah KPPS. Kan bisa orangnya pindah atau meninggal. Lokasi TPS juga bisa pindah dengan faktor-faktor tertentu,” kata Sudarmanto ditemui di kantornya, Kamis (25/1/2024).

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) juga memiliki kemungkinan mengalami perubahan. Saat ini, DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Gunungkidul mencapai 613.155 pemilih.

KPU juga baru saja melantik 18.963 anggota KPPS untuk 2.709 TPS. Dalam pelantikan tersebut, KPU meminta agar KPPS menjaga netralitas termasuk sikap kehati-hatian agar penyelenggaraan Pemilu di Gunungkidul nol insiden.

“Zero pemungutan suara ulang kami usahakan. PSU terjadi ketika orang yang tidak memiliki hak pilih malah memilih,” katanya.

Terkait surat suara, lima jenis surat suara (susur) yang ada yaitu DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi DIY, DPD, DPR RI, dan Capres-cawapres sudah selesai disortir. Susur tersebut nantinya akan dipacking dan dimasukkan ke kotak suara.

Lebih jauh, Sudarmanto juga menegaskan komitmen KPU untuk menyelenggarakan Pemilu inklusif.

Sebelumnya, Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan ada sebanya 7.956 pemilih disabilitas di Bumi Handayani.

BACA JUGA: 83.524 Anggota KPPS di DIY Dilantik Hari Ini

Rinciannya yaitu penyandang disabilitas fisik ada sebanyak 3.545 orang, disabilitas intelektual 336 orang, disabilitas mental 2.204 orang, tuna wicara 628 orang, tuna rungu 349 orang, dan tuma netra 894 orang.

Asih menambahkan fasilitas pendukung bagi disabilitas juga akan disediakan di TPS, termasuk pembuatan lokasi untuk TPS yang ramah disabilitas. Surat suara untuk penyandang disabilitas tunanetra juga akan memakai tulisan braille.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Tunggu Hasil Audit BPK Terkait Kasus Korupsi PT Taspen

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement