Advertisement

KRL Jogja-Solo Sudah Layani 12,7 Juta Penumpang

Newswire
Minggu, 03 Maret 2024 - 18:17 WIB
Sunartono
KRL Jogja-Solo Sudah Layani 12,7 Juta Penumpang KRL Jogja-Solo. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KAI Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo mencatat sudah melayani lebih 12,7 juta penumpang selama tiga tahun beroperasi sejak 2021.

"Total pengguna yang telah KAI Commuter layani menyentuh angka 12.703.439 orang pengguna," kata Sekretaris Perusahaan KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, di Jogja, Minggu.

Advertisement

Menurut Anne, tren penumpang Commuter Line Jogja-Solo terus mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2021 atau tahun pertama beroperasi, total jumlah pengguna di angka 1.755.865 orang pengguna dan meningkat mencapai 39 persen pada 2022.

Berikutnya, Anne menyebut sepanjang 2023 penumpang mencapai 6.453.099 orang atau meningkat 44 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sepanjang 2024, Commuterline Jogja-Solo telah melayani 1.096.227 pengguna atau rata-rata mengangkut 18.270 pengguna per hari. Anne menilai tiga tahun beroperasinya layanan Commuterline Jogja-Solo berdampak pada pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Jogja yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mengacu data yang disajikan Badan Pusat Stistik (BPS) Kota Yogyakarta, ia menyebutkan produk domestik regional bruto (PDRB) sektor transportasi tahun 2023 meningkat menjadi Rp2 triliun dari yang sebelumnya Rp1,7 triliun.

"Ini merupakan contoh PDRB salah satu kabupaten/kota yang dilalui layanan Commuterline Yogya-Solo. Geliat peningkatan PDRB ini menunjukkan layanan transportasi di kota tersebut banyak diminati," ujar Anne.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut Anne, KAI Commuter terus meningkatkan layanan Commuterline Jogja-Solo, antara lain dengan melakukan perpanjangan relasi commuter pada Agustus 2022 yang sebelumnya hanya sampai Stasiun Solo Balapan, ditambah dua stasiun yang dilalui yakni Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

Tren pengguna Commuter Line Jogja-Solo, kata dia, berkebalikan dengan pengguna KRL Jabodetabek yang jumlah penggunanya meningkat pada akhir pekan.

"Mobilitas pengguna umumnya adalah untuk berwisata baik dari Jogja maupun dari Solo dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit dari Yogyakarta menuju Palur sedangkan 1 jam 8 menit untuk sampai ke Solo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement