Advertisement

5 Orang Berebut Posisi Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepala Dinas Pariwisata Bantul

Jumali
Senin, 04 Maret 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
5 Orang Berebut Posisi Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepala Dinas Pariwisata Bantul Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak lima orang pelamar berebut posisi pimpinan tinggi pratama (kepala dinas) di lingkungan Pemkab Bantul.

Hal ini menyusul telah dibukanya seleksi terbuka untuk pengisian jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Kebudayaan oleh Pemkab Bantul.

Advertisement

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul, Isa Budihartomo mengatakan hingga Senin (4/3/2024) telah ada lima pendaftar yang berniat mengisi jabatan kepala dinas pariwisata dan kepala dinas kebudayaan. Dari lima pendaftar tersebut, empat di antaranya berasal dari ASN di lingkup Pemkab Bantul.

“Ada satu yang dari luar daerah. Untuk posisi dari yang mendaftar saat ini ada yang eselon III A dan ada yang eselon III B,” kata Isa, Senin (4/3/2024).

Hanya saja, Isa enggan mengungkapkan nama-nama dan detail dari para pendaftar yang mengikuti seleksi terbuka. Isa hanya menyatakan jika pihaknya memang membuka seleksi untuk posisi jabatan kepala dinas pariwisata dan kepala dinas kebudayaan.

Di mana, untuk posisi Kepala Dinas Pariwisata yang sebelumnya diisi oleh Kwintarto Heru Prabowo [kini kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bantul] dan Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto [kini Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul] saat ini kosong.

“Karena belum ada yang mengisi maka saat ini posisi Kepala Dinas Pariwisata sementara diisi Plt, yakni Pak Kwintarto Heru Prabowo. Sementara untuk Plt Kepala Dinas Kebudayaan diisi oleh Sekdin Dinas Kebudayaan Slamet Pamuji,” imbuh Isa.

Lebih lanjut Isa mengungkapkan, pembukaan pendaftaran seleksi terbuka untuk posisi dua kepala dinas tersebut telah dibuka sejak 26 Februari 2024 hingga 11 Maret 2024.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar di antaranya PNS, memiliki pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, memiliki pangkat sekurang-kurangnya IV A, punya kompetensi teknis, manajerial dan sosial untuk jabatan yang ditetapkan.

Punya pengalaman jabatan minimal 5 tahun, usia paling tua saat pelantikan 56 tahun. Menyerahkan bukti lapor LHKPN atau SPT pada tahun 2023. Dan menyerahkan Daftar Riwayat Hidup dan bebas narkoba.

“Untuk yang lolos administrasi nantinya harus menyerahkan penulisan makalah dengan ketentuan topik berkaitan dengan jabatan yang dilamar. Pengumuman lolos administrasi akan dilakukan 13 Maret 2024,” kata Isa.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, menurut Isa, pihaknya akan melakukan penelusuran rekam jejak, uji kompetisi pada 19 Maret 2024, dan pengumpulan makalah pada 21 Maret 2024.  “Presentasi makalah dan wawancara akan digelar 26 sampai 27 Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi akan kami lakukan pada 1 April 2024,” ucap Isa.

Terkait dengan masih minimnya jumlah pendaftar, Isa mengaku ada kemungkinan pihaknya akan memperpanjang pendaftaran. Perpanjangan itu akan dilakukan apabila sampai 11 Maret 2024, belum ada empat orang pendaftar untuk satu posisi kepala dinas. “Ya, lihat nanti. Jika kurang dari empat pendaftar untuk satu jabatan, maka akan kami perpanjang. Saat ini kami masih berproses, harapannya untuk posisi dua kepala dinas yang kosong tersebut bisa segera terisi,” kata Isa.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Segera Lelang Jabatan Eselon II Awal Tahun Depan

Di sisi lain, Isa mengungkapkan, pada April mendatang, pihaknya juga berpeluang membuka pendaftaran jabatan pimpinan tinggi pratama. Hal itu dilakukan karena pada tahun ini setidaknya ada sebanyak enam pejabat setingkat kepala dinas akan pensiun pada tahun ini.

Keenam pejabat yang akan pensiun tersebut adalah Isdarmoko [inspektur daerah], Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala serta Tata Sasana) Kabupaten Bantul, Suprianto, staf ahli bupati Yuswarseno, Kepala Dinas PUPKP Bantul, Aris Suharyanto, Kepala Dinas UMKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistyana, dan Asisten Administrasi Umum Setda Bantul Pulung Haryadi.

“Ya, nanti kami buka lagi. Sementara kami buka dulu untuk dua posisi kepala dinas tersebut,” ucap Isa.

Sementara Bupati Bantul Abdul Halim Muslih  mengakui jika tahun ini banyak pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungannya pensiun. “Yang pensiun kan juga banyak. Jadi nanti akan ada pelantikan [kepala dinas] lagi nanti,” imbuh Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement