Advertisement

Siapkan Surat Kendaraan! 4 Ruas Jalan di Gunungkidul Ini Jadi Sasaran Razia Polisi

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 05 Maret 2024 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Siapkan Surat Kendaraan! 4 Ruas Jalan di Gunungkidul Ini Jadi Sasaran Razia Polisi Polisi Polres Gunungkidul sedang meminta pengendara sepeda motor untuk menepi saat razia di ruas jalan depan Alun-alun Wonosari, Selasa (5/3/2024). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULOperasi Keselamatan Progo digelar di Gunungkidul sejak Senin (4/3/2024) hingga 17 Maret 2024. Dalam operasi tersebut, Polres Gunungkidul memfokuskan pada tiga ruas jalan.

Kanit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Polres Gunungkidul, Iptu Nanang Wahyudiyanto mengatakan ada 11 sasaran operasi seperti penggunaan knalpot brong, sabuk pengamanan, tanpa helm, dan lainnya yang tidak sesuai ketentuan.

Advertisement

Nanang menegaskan operasi tersebut bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Oleh sebab itu setidaknya ada tiga ruas yang menjadi perhatian seperti di ruas jalan sepanjang Kapanewon Patuk-Gading, Siyono, sampai Wukirsari.

Pada Selasa (5/3/2024), Nanang mencatat mayoritas pelanggaran berupa penggunaan knalpot brong, sabuk pengaman, tanpa helm dan spion. Dia menjelaskan pelanggar akan ditilang di tempat. Denda lalu diselesaikan secara online.

“Setelah kami tilang, kami ETLE. Pembayaran denda online. Tidak ada penyitaan kecuali tidak bawa surat. Kendaraan jadi jaminan,” kata Nanang ditemui di Alun-alun Wonosari.

Nanang mengimbau agar masyarakat disiplin berlalu lintas baik ada atau tidaknya petugas. Dengan tindakan tersebut, seseorang dapat ikut terlibat dalam pengurangan angka lakalantas.

BACA JUGA: Catat! 4-17 Maret, Polres Bantul Gelar Operasi Keselamatan Progo 2024

Sebelumnya, Kanit Gakkum Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan pihaknya mencatat ada total 875 kejadian lakalantas sepanjang 2023.

Dari jumlah itu, korban luka ringan ada 1.230 orang; satu orang luka berat; dan 80 orang meninggal dunia; dengan kerugian materiel mencapai Rp702,5 juta.

Kemudian sejak Januari sampai pada Kamis (22/2/2024), tercatat ada 120 kejadian lakalantas di Gunungkidul. Dari jumlah itu, korban luka ringan mencapai 160 orang; tak ada yang luka berat; dan sembilan orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Boalemo Gorontalo

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement