Advertisement

Buang Sampah di Timur Gembira Loka, Warga Ditangkap Satpol PP Bantul

Jumali
Rabu, 06 Maret 2024 - 11:47 WIB
Maya Herawati
Buang Sampah di Timur Gembira Loka, Warga Ditangkap Satpol PP Bantul Sampah - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Petugas dari Satpol PP Bantul menangkap seorang warga yang membuang sampah di timur Gembira Loka Zoo pada Selasa (5/3/2024) malam dan akan diproses sidang yustisi.

“Mungkin sidang yustisinya akan digelar saat bulan Ramadan nanti. Sama seperti empat pelaku pembuangan sampah yang dulu kami tangkap, juga kami ajukan sidang yustisi,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul, Jati Bayubroto, ditemui Rabu (6/3/2024).

Advertisement

Hanya saja Jati enggan mengungkapkan detail identitas perempuan yang ditangkap saat membuang sampah. Ia memastikan jika sampah yang dibuang adalah sampah rumah tangga dengan alasan truk sampah yang datang ke kampungnya tidak tepat waktu.  “Sudah tiga kali, tapi kemungkinan lebih dari itu membuang sampahnya,” lanjut Jati.

Menurut Jati, apa yang dilakukan oleh perempuan tersebut tidak patut dilakukan dan ditiru oleh warga lainnya. Selain menganggu tindakan membuang sampah sembarangan juga telah melanggar Perda No.2/2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

“Untuk itu kami tindak tegas dengan sidang yustisi. Soal hukumannya, nanti tergantung putusan hakim. Biasanya denda yang diberikan itu sekitar Rp200.000-Rp300.000 per orang yang disidang yustisi,” ucap Jati.

BACA JUGA: Grafik Sirekap Pemilu Hilang dari Web, Ini Kata KPU

Untuk mengantisipasi makin maraknya pembuangan sampah, usai penutupan TPA Piyungan, Satpol PP akan mengoptimalkan operasi pembuangan sampah. Pihaknya juga menggandeng pihak kalurahan untuk melakukan operasi.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena kami akan bertindak tegas dan membawa pelaku yang tertangkap OTT (operasi tangkap tangan) ke sidang yustisi,” ucapnya.

Jati mengungkapkan pada pertengahan Februari ada empat pelaku pembuangan sampah yang tertangkap oleh Satpol PP Bantul telah disidang  yustisi. “Dan telah mendapatkan sanksi berupa denda Rp200.000 per orang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement