Advertisement

Siap Jalankan Program Makan Siang Gratis, Pemkab Bantul Minta Anggaran Ditanggung Pusat

Jumali
Rabu, 06 Maret 2024 - 19:27 WIB
Ujang Hasanudin
Siap Jalankan Program Makan Siang Gratis, Pemkab Bantul Minta Anggaran Ditanggung Pusat Ilustrasi siswa makan siang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul mengaku siap menjalankan program makan siang gratis bagi pelajar SD hingga SMP ketika nantinya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan wakil Presiden RI.

Meski demikian, diharapkan program makan siang gratis tersebut tidak dibebankan ke APBD Bantul.

Advertisement

“Sebagai bagian dari pemerintah pusat, kami siap melaksanakan program tersebut,” kata Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo, Rabu (6/3/2024).

Kendati demikian, Joko berharap agar program itu sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat. Sebab, jika menggunakan anggaran dari APBD Bantul, program makan siang gratis jelas tidak bisa direalisasikan.

Apalagi jumlah siswa SD hingga SMP di Bumi Projotamansari mencapai lebih dari 100.000 siswa. Artinya butuh anggaran minimal Rp40 miliar perbulan untuk merealisasikan program tersebut.

“Jadi jangan dibebankan ke APBD kita. Ya, gunakan anggaran dari pemerintah pusat. Sebab, anggaran APBD kita jelas tidak bisa memenuhinya,” jelas Joko.

BACA JUGA: PGRI DIY Tak Setuju Dana BOS Digunakan Buat Program Makan Siang Gratis

BACA JUGA:Program Makan Siang Gratis Rp15 Ribu per Anak, Menkes: Kalau di Jogja ya Cukup

Sementara warga Panggungharjo, Sewon, Hasan mengaku program makan siang untuk siswa telah diberlakukan di SD tempat anaknya bersekolah, yakni SD Muhammadiyah Karangkajen, Kota Jogja. Orang tua siswa setiap hari harus membayar Rp13.000 untuk makan siang anaknya.

Adapun menu yang disediakan telah memenuhi standar empat sehat lima sempurna. Di mana, menu tersebut tidak hanya berisi sayuran dan buah, tapi juga ada susu.

Hasan mengaku untuk penyedia makanan, pihak sekolah menggandeng katering yang sebagian besar juga berasal dari keluarga siswa.

“Menunya pun bervariasi. Setiap hari ganti. Kami tinggal bayar sesuai dengan hari aktif siswa. Jadi bayarnya bersama dengan pembayaran uang SPP setiap bulannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Setop Suplai Senjata ke Israel Setelah Rafah Dibombardir

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement