Advertisement

Ribuan Takjil Dibagikan Selama Ramadan di DIY, Catat Lokasinya dan Menunya

Catur Dwi Janati
Kamis, 07 Maret 2024 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Ribuan Takjil Dibagikan Selama Ramadan di DIY, Catat Lokasinya dan Menunya Takjil di Masjid Jogokariyan Mantrijeron Kota Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ribuan porsi takjil disiapkan sejumlah masjid besar di DIY selama bulan Ramadan. Menunya beragam, ada yang mengusung makanan tradisional hingga menu gulai kambing. 

Di Masjid Kampus UGM, ribuan takjil dipastikan bakal disiapkan selama Ramadan. Ketua Takmir Masjid Kampus UGM, Rizal Mustansyir mengungkapkan ada 1500 takjil buka bersama dan 500-750 porsi makan sahur yang akan dibagikan Masjid Kampus UGM. 

Advertisement

"Kami tetap concern dengan mahasiswa sedang kuliah juga ini. Kami juga concern dengan mahasiswa yang berpuasa," kata Rizal, Kamis (7/3/2024).

Rizal pun sedikit membocorkan menu buka puasa yang bakal disiapkan. Yang jelas menunya bervariasi dan bergizi. "Jadi kami buat dinamis itu, pokoknya bergizi lah jangan khawatir," tegasnya. 

Menu yang bervariasi disiapkan Masjid Kampus UGM agar para penerima tidak bosan. Sehingga dalam menyiapkan menunya disiapkan secara betul-betul. "Iya betul [setiap hari ganti], justru itu jadi kami yakinkan pada pihak penanggung jawab kuliner kami, karena itu kan sudah kami lelang kulinernya itu, sudah kami pilih betul yang bonafit lah ya, untuk gizinya supaya ganti-ganti enggak bosan lah, masa itu-itu saja, masa tempe terus," tandasnya. 

Rizal berharap menu takjil yang diberikan Masjid Kampus UGM mudah-mudahan juga menjadi tambahan gizi bagi mahasiswa maupun bagi jemaah. Agar, para jemaah lanjut Rizal bisa khusyuk dalam beribadah di bulan ramadan. 

BACA JUGA: Ini Ragam Takjil untuk Buka Puasa di Seluruh Indonesia

"Kuliner penting juga untuk orang-orang berbuka puasa dan sahur itu. Mudah-mudahan mencukupi itu aja yang kita doakan. Kadang kala sahur itu banyak yang datang tapi ya kita keterbatasan dana ya mudah-mudahan cukup," imbuhnya. 

Masjid Gede Kauman dan Jogokaryan

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Gede Kauman, Azman Latif mengungkapkan akan ada 1200 porsi makanan buka bersama selama ramadan yang disajikan. Mengusung masakan tradisional, menu gulai kambing masih menjadi andalan Masjid Gede Kauman. 

"Kalau yang ada buka bersama. Ya rata-rata 1200 per hari itu. Menunya menu-menu makanan tradisional. Kalau khusus hari Kamis itu yang gulai kambing itu tetap ada kita. Biasanya jemaahnya lebih banyak [hari Kamis]," ungkapnya. 

Selain itu Ketua Remaja Masjid Jogokariyan, Muhammad Syafiq Hamzah menjelaskan bakal ada 3000-3500 porsi makan buka bersama yang disiapkan setiap harinya. Menunya beragam dan informasinya diunggah di media sosial. "Intinya yang kita sajikan itu adalah makan berat untuk iftar atau buka puasa," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Badai Diprediksi Terpa Sejumlah Wilayah di Indonesia Hari Ini

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement