Advertisement

Hujan Lebat Angin Kencang di DIY: 39 Kecamatan Terdampak, 88 Rumah Rusak dan 1 Warga Terluka

Sunartono
Sabtu, 09 Maret 2024 - 21:57 WIB
Sunartono
Hujan Lebat Angin Kencang di DIY: 39 Kecamatan Terdampak, 88 Rumah Rusak dan 1 Warga Terluka Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan deras disertai angin kencang terjadi merata di seluruh wilayah DIY. Cuaca ekstrem ini menimbulkan dampak kerusakan pada 39 kapanewon atau kecamatan di DIY dengan jumlah 88 rumah rusak 1 warga terluka serta 94 pohon tumbang.

BMKG telah memberikan peringatan dini terkait hujan lebat disertai petir di wilayah DIY. Terbukti hujan deras disertai angin kencang terjadi hampir merata di seluruh DIY. "Dampak dari hujan deras disertai angin kencang ini menimbulkan sejumlah kerusakan di Gunungkidul, Sleman, Bantul dan Kulonprogo," kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmat, Sabtu (9/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA : BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini, Termasuk DIY

Berdasarkan data sementara dampak kerusakan akibat hujan deras dan angin kencang yang dirilis BPBD DIY, cuaca buruk ini melanda dan berdampak pada 39 kecamatan terdiri atas Gunungkidul 14 kecamatan, Kulonprogo 8 kecamatanm SLeman 4 kecamatan dan Bantul 13 kecamatan.

Adapun dari sisi kerusakan, tercatat data sementara total ada 88 rumah dilaporkan rusak. Terdiri atas Gunungkidul 21 unit, Kulonprogo 23 unit, Sleman 6 unit dan Bantul ada 38 unit rumah rusak. Selain rumah rusak tersapu angini, BPBD DIY mendapati setidaknya ada 94 pohon tumbang yang berdampak pada terputusnya aliran listrik hingga akses jalan.

"Pohon tumbang ini dilaporkan di Gunungkidul ada 38 titik, Kulonprogo 37 titik, Sleman 13 titik dan Bantul ada 6 titik pohon tumbang," katanya.

BACA JUGA : Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Hari Ini, Termasuk DIY

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dilaporkan ada 1 warga di Bantul yang terluka. "Untuk wilayah terdampak hujan deras dan angin kencang ini total ada 221 titik, saat ini sudah terkondisikan terutama pohon tumbang yang menganggu akses jalan serta memutus aliran listrik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement