Advertisement

Ini Rekomendasi Pasar Ramadan Jogja untuk Berburu Takjil

Maya Herawati
Senin, 11 Maret 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Ini Rekomendasi Pasar Ramadan Jogja untuk Berburu Takjil Ilustrasi Pasar Ramadan di lapak pedagang kaki lima (PKL) kuliner. - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ramadan identik dengan berburu takjil menjelang berbuka puasa. Tempat-tempat berburu takjil atau Pasar Ramadan banyak yang populer di Kota Jogja. Ada terus tiap tahun saat Ramadan.  Berikut ini rangkuman rekomendasi Pasar Ramadan untuk berburu Takjil di Jogja:

Kampung Ramadan Jogokariyan

Advertisement

Kampung Ramadan Jogokariyan berupa pasar dadakan yang diadakan atas inisiatif warganya yang terkenal aktif dalam berbagai kegiatan agama. Pasar dadakan yang dinamai Kampung Ramadan Jogokariyan ini tiap tahunnya dipenuhi oleh ratusan pedagang dan juga pengunjung yang jumlahnya terus bertambah. Selain pasar, Kampung Ramadan Jogokariyan juga menyediakan ribuan takjil gratis selama bulan Ramadan yang semuanya dikelola oleh takmir Masjid Jogokariyan.

Pasar Sore Ramadan Kauman

Pasar dadakan yang ada di Kampung Kauman ini bisa dibilang sebagai sesepuh pasar kaget lain yang ada di Jogja saat ini. Sudah ada sejak 1990an, Pasar Sore Ramadan Kauman berdiri atas inisiatif warga Kampung Kauman yang terkenal religius dan selalu antusias menyambut bulan suci yang penuh berkah ini. Selain pasar dadakan, setiap sore di bulan Ramadan, warga Kampung Kauman juga menyediakan takjil gratis untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa di sini tepatnya di Masjid Gedhe Kauman.

Pasar Ramadan Pakualaman

Pasar Ramadan Pakualaman ada mulai 2015 atas kerja sama warga Kelurahan Purwokinanti dan salah satu hotel yang berlokasi di Jalan Gajah Mada. Oleh sebab itu, pasar kaget ini diberi nama Gajah Mada Ramadan Festival. Akan tetapi karena lokasi pasar ada di sekitar daerah Pakualaman, masyarakat banyak yang menyebut pasar kaget ini dengan Pasar Ramadan Pakualaman.

Selain aneka macam takjil, Anda juga bisa menemukan pedagang yang menjual produk lain seperti batu akik dan pakaian. Hal yang menarik dari Pasar Ramadan Pakualaman adalah dekorasi berupa payung-payung yang mempercantik lokasi ini.

Pasar Dadakan Lembah UGM

Anda yang sedang atau pernah kuliah di Jogja pasti hafal banget kalau lembah UGM jadi tempat yang mendadak ramai dengan penjual takjil saat Ramadan tiba. Momen seperti ini sangat menguntungkan mahasiswa karena selain mempermudah mahasiswa yang ingin mencari takjil, bahkan biasanya mahasiswa juga berdagang di sana.

BACA JUGA: Selama Puasa Jam Operasional Tempat Hiburan di Sleman Dibatasi

Pasar Ramadan Plaza XT Square

Anda bisa mengunjungi Pasar Ramadan Plaza XT Suare yang berlokasi di Jalan Veteran 150-151, Umbulharjo, Jogja jika ingin berburu takjil kekinian. Selain aneka takjil, Anda juga bisa menemukan berbagai macam produk fesyen dan menyaksikan aneka macam lomba yang diadakan oleh pengurus event ini, seperti lomba mewarnai, menyanyi, musik, bahkan mengikuti workshop yang diadakan di sini.

Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah pasar dadakan Ramadan di jalur yang berada di sepanjang Jalan Nitikan Kota Jogja ini hampir setiap bulan Ramadan, Jalur Gaza ini selalu ada. Dinamakan Jalur Gaza karena singkatan dari istilah jajanan lauk sayur gubuk ashar zerba ada.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : jogjaprov.go.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement