Advertisement

Bupati Sleman Panen Perdana Semangka Tanpa Biji Hasil Pemeberdayaan Indomaret, UGM & Petani Milenial

Media Digital
Selasa, 12 Maret 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Bupati Sleman Panen Perdana Semangka Tanpa Biji Hasil Pemeberdayaan Indomaret, UGM & Petani Milenial Bupati Sleman - Dra Hj. Kustini Sri Purnomo melakukan panen perdana semangka non biji didampingi Kepala Dinas Pertanian Sleman, Microeconomics Project Executive Indomaret, Deputy Branch Manager Indomaret Cabang Yogyakarta, Dekan serta Wakil Dekan Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta.. - ist

Advertisement

SLEMAN-Indomaret mengadakan Panen Perdana Semangka Non Biji Kabupaten Sleman Hasil Pemberdayaan Indomaret, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada & Petani Milenial Sleman dilahan petani Dusun Keceme Caturharjo, Sleman, Sabtu (9/3/2024)

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sleman Ibu Dra . Hj. Kustini Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Pertanian Sleman Ir. Suparmono, M.M., Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada - Ir. Jaka Widada, M.P., Ph.D, dan Microeconomics Project Executive Indomaret - Purwanto Wahyudi.

Advertisement

Kerjasama ini merupakan inisiasi Indomaret dengan mengajak Fakultas Pertanian UGM untuk melakukan pendampingan kepada Kelompok Petani Milenial Sleman dalam budidaya Semangka Non Biji sejak oktober 2023, yang hasilnya akan dipasarkan di gerai-gerai Indomaret wilayah Yogyakarta dan Klaten.

Sekitar 70 Petani dengan luas lahan 8 Hektar di Sleman telah mengikuti sosialisasi, Forum Group Discussion dan pendampingan dari Indomaret dan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Hal ini ditujukan agar para petani mampu meningkatkan SOP yang lebih baik sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas.

“Adapun tujuan Indomaret dengan adanya Pemberdayaan Petani di Wilayah Kabupaten Sleman ini adalah untuk melibatkan masyarakat dalam pengembangan potensi daerah dan masyarakat, serta mengentaskan pengangguran” ucap Purwanto Wahyudi selaku perwakilan manajemen Indomaret. 

“Dengan lahan seluas 8 Hektar untuk menanam semangka serta melibatkan 70 Petani Milenial Sleman ini mampu menghasilkan buah semangka sebanyak 20 ton per hektarnya. Kita juga terus gencar mempromosikan bahwa buah nusantara lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi serta menguntungkan bagi masyarakat khususnya petani semangka. Untuk itu kami berharap masyarakat lebih mencintai buah nusantara daripada buah impor yang kandungan gizi dan kesegarannya telah habis karena lamanya di penyimpanan”, ujar Bupati Sleman pada saat sambutan. 

Dalam sambutannya Bupati Sleman mengapresiasi Dinas Pertanian Sleman dan Penyuluh dari Fakultas pertanian UGM yang tak kenal lelah terus mendampingi dan melakukan sosialisasi kepada Petani dan membuat jadwal tanam para Petani agar dapat menghasilkan semangka non biji secara continue dan masuk ke seluruh gerai Indomaret di wilayah Yogyakarta dan Klaten. 

 “Semoga dengan adanya market yang bagus seperti Indomaret, Petani Milenial Sleman bisa sukses kedepannya dan sejahtera. Sukses selalu Indomaret , sukses selalu Petani Milenial Sleman, sukses UGM dan sukses untuk Pemerintah Kabupaten Sleman”, pungkasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement