Advertisement

Hujan Lebat Angin Kencang: 75 Pohon Tumbang, 28 Rumah Terdampak dan 1 Orang Luka Berat

Jumali
Jum'at, 15 Maret 2024 - 11:07 WIB
Sunartono
Hujan Lebat Angin Kencang: 75 Pohon Tumbang, 28 Rumah Terdampak dan 1 Orang Luka Berat Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi pada Kamis (14/3/2024) sore telah mengakibatkan 75 kejadian pohon tumbang dan 2 kejadian angin kencang di wilayah Kabupaten Bantul.

Selain itu tercatat ada satu orang mengalami luka berat akibat kejadian angin kencang dan harus dilarikan ke RS Panembahan Senopati, Bantul. "Itu data sampai tadi malam. Pagi ini sepertinya bertambah dan kami masih dalam tahap evakuasi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul Antoni Hutagaol, Jumat (15/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Prakiraan Cuaca Jumat 15 Maret 2024 di Jogja, BMKG: Masih Ada Potensi Hujan Angin dan Petir

Antoni mengungkapkan 75 kejadian pohon tumbang tersebut terjadi di 12 Kapanewon dan 28 Kalurahan. Sedangkan dua kejadian angin kencang terjadi di Wukirsari, Imogiri dan Trimulyo, Jetis. Adapun perincian pohon tumbang adalah 5 titik di Kapanewon Bambanglipuro, 4 titik di Kapanewon Bantul, Kapanewon Imogiri dengan 31 titik, 10 titik di kapanewon Jetis, Kapanewon Kasihan dengan 6 titik, Kapanewon Kretek dengan 2 titik, Kapanewon Pajangan dengan 1 titik, Kapanewon Pandak dengan 7 titik, Kapanewon Pundong dengan 4 titik, Kapanewon Sanden dengan 1 titik, Kapanewon Sewon dengan 4 titik, dan Kapanewon Srandakan dengan 2 titik.

"Akibat pohon tumbang dan angin kencang tersebut ada 28 titik rumah, 3 titik tempat usaha, 28 titik jalan, 10 titik jaringan listrik dan 1 titik jaringan telkom terdampak," lanjut Antoni.

Antoni mengatakan, dalam melakukan evakuasi akibat kejadian pohon tumbang, dilibatkan berbagai unsur baik dari BPBD Bantul, forum pengurangan resiko bencana (FPRB) kelurahan, Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul, sukarelawan dan warga. "Tidak ada tantangan dan kendala yang dihadapi dalam penanganan," kata Antoni.

BACA JUGA : Hujan Lebat Angin Kencang di DIY: 39 Kecamatan Terdampak, 88 Rumah Rusak dan 1 Warga Terluka

BPBD Bantul berharap agar semua elemen masyarakat mulai meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi kejadian baik pohon tumbang maupun ancaman kejadian lainnya akibat dampak cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Anwar Usman Kembali Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik

News
| Senin, 13 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement