Advertisement

786 Mahasiswa USD Diwisuda, Lulusan Siap Berlaga Menghadapi Tantangan Zaman

Media Digital
Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
786 Mahasiswa USD Diwisuda, Lulusan Siap Berlaga Menghadapi Tantangan Zaman Proses wisuda di Universitas Sanata Dharma di Audiorium Driyakarya. Jumat (15/3/2024). - harian Jogja / David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Sanata Dharma (USD) mewisuda 786 mahasiswa periode II Tahun Akademik 2023-2024 untuk program diploma, sarjana dan magister. Wisuda kali ini mengambil tema Siap Sedia untuk Berlaga.

Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana mengucapkan selamat atas semua capaian sehingga bisa diwisuda pada Jumat (15/3/2023). Ia merasa bangga dan bersyukur atas perjalanan studi yang luar bisa sehingga dapat menyelesaikan bangku perkuliahan dengan baik.

Advertisement

“Kebanyakan dari kalian adalah generasi yang dibentuk secara khusus oleh pengalaman pandemi. Maka, dengan segala suka dukanya, pengalaman kalian itu khas, unik, dan tak tergantikan. Dan semoga semua ini menjadi modal untuk berlaga di medan dunia yang nyata,” kata Bagus dalam sambutannya, Jumat.

Ia pun berharap kepada para wisudawan dapat membuktikan sebagai generasi yang tangguh karena dapat mengatasi tantangan pandemi dengan secara nyata. Menurut dia, dengan tema wisuda “Siap sedia untuk Berlaga” memberikan semangat yang lebih besar kepada wisudawan untuk lebih siap berkiprah di dunia nyata.

“Kemampuan akademik dan non-akademik yang dibentuk selama berada di USD menjadi modal awal yang perlu terus dikembangkan,” katanya.

BACA JUGA: 1.126 Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Diwisuda, Diminta Jadi Seperti Burung Kolibri

Bagus pun memberikan penyemangat sesuai dengan petuah dari pendiri universitas, Pater Driyarkara. Yakni, manusia tidak bisa menjadi utuh berkembang tanpa sosialitas, keterlibatan yang berarti dengan dunia di sekitarnya. Namun, jangan cemas dan takut untuk terlibat, karena sosialitas sejati bukanlah tuntutan dan beban, karena mestinya lahir dari keterpesonaan dan ketertarikan pada kenyataan dan tantangan dunia. “Semoga kalian [wisudawan] dapat membuka diri untuk terpesona dan tertarik pada dunia sekitar, dengan segala keasyikan dan tantangannya,” katanya.

Secara total selama kurun waktu Agustus 2023 hingga Januari 2024 terdapat 902 lulusan. Hanya saja, tidak semua mengikuti wisuda karena total yang mendaftar hanya 782 lulusan.

Proses wisuda dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama berjumlah 255 peserta menjalani wisuda pada Jumat pagi. Kelompok kedua dengan jumlah 359 peserta diwisuda pada Jumat siang. Adapun kelompok tiga berjumlah 272 peserta diwisuda pada Sabtu (16/3/2024).

Secara total ada 33 lulusan yang mendapat predikat terbaik. Nilai tertinggi diraih oleh mahasiswa program studi Teknologi Elektromedis, Hendrikus Yori Hatta dengan nilai IPK 3,95 dan mendapat predikat lulus dengan pujian. Untuk jenjang magister terdapat dua lulusa yang mendapatkan nilai sempurna dengan IPK 4,00. Yakni, Carolina Omega Putri Usdionari dari Program Magister Pendidikan Matematika dan Melyania Sintha Dewi dari Program Magister Farmasi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement