Advertisement

Taman Perwira Lembah Code Jadi Pengungkit Perekonomian di Prawirodirjan

Alfi Annisa Karin
Minggu, 17 Maret 2024 - 17:17 WIB
Ujang Hasanudin
Taman Perwira Lembah Code Jadi Pengungkit Perekonomian di Prawirodirjan Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo saat meninjau Taman Perwira Prawirodirjan beberapa waktu lalu. - Ist/ Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Taman Perwira Lembah Code di Kelurahan Prawirodirjan menjadi salah satu produk penataan kawasan kumuh di sekitar bantaran sungai. Ini merupakan ruang terbuka hijau publik (RTHP) yang keberadaannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Mantri Pamong Praja Gondomanan Cahya Wijayanta menuturkan Taman Perwira telah melewati proses yang panjang. Hingga akhirnya diresmikan pada Sabtu (16/3). Lokasi ini jadi bagian dari penataan kawasan pinggiran sungai sebagai resentasi wajah Kota Jogja yang menarik.

Advertisement

Masyarakat turut antusias atas keberadaan Taman Perwira. Mereka dapat memanfaatkannya sebagai tempat joging, bersepeda, ataupun aktivitas olahraga lain. Termasuk juga sebagai pengungkit perekonomian warga sekitar. Salah satunya diwujudkan dalam gelaran Pasar Sore Ramadan.

"Ke depannya juga akan dikembangkan melalui berbagai even rutin. Sehingga kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sekitar dapat berjalan optimal dengan menggandeng komunitas hobi untuk menghadirkan kegiatan edukatif dan rekreatif bagi warga," kata Cahya.

BACA JUGA: Warga Manfaatkan RTH Publik Untuk Pasar Ramadan

Sementara, Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo turut meresmikan secara langsung Taman Perwira Lembah Code. Dia mengatakan keberadaan RTHP seperti ini dapat membuang stigma bantaran sungai yang kotor, kumuh, dan tidak terawat. Sebaliknya, masyarakat justru bisa melaksanakan berbagai aktivitas di RTHP. Bahkan, bisa menjadi alternatif wisata di Kota Jogja.

"Kami harap wilayah bisa menggerakkan ekosistem yang sudah ada ini. Diikuti dengan keramah-tamahan masyarakatnya. Kemudian, dikembangkan dengan narasi yang menampilkan potensi apa saja yang dimiliki. Sehingga bisa menjadi satu destinasi yang bisa dikunjungi wisatawan maupun masyarakat sekitar," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement