Advertisement

Warga Manfaatkan RTH Publik Untuk Pasar Ramadan

Lugas Subarkah
Minggu, 17 Maret 2024 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Warga Manfaatkan RTH Publik Untuk Pasar Ramadan Warga Prawirodirjan memanfaatkan RTHP Taman Perwira Lembah Code untuk pasar sore ramadan, Sabtu (16/3/2024) - ist Pemkot JOgja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) di samping berfungsi sebagai tempat olahraga dan tempat rekreasi, juga bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. Hal ini salah satunya dilakukan oleh warga Prawirodirjan, Gondomanan.

Di RTHP Prawirodirjan, selama bulan ramadan digelar pasar sore ramadan di Taman Perwira Lembah Code, yang baru saja diresmikan oleh Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, Sabtu (16/3/2024). Melalui RTHP dan pasar sore ramadan ini, citra perkampungan pinggiran sungai yang biasanya kotor, kumuh serta tidak terawat ditepis.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Jogja, Minggu 17 Maret 2024

"Ini kawasan yang bagus dan punya daya tarik luar biasa karena biasanya kan citra dari kawasan pinggir sungai itu kotor dan tidak tertata, tapi ini sudah disulap menjadi Taman Perwira sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas," ujarnya.

Pihaknya mengatakan selain pemanfaatan Taman Perwira sebagai tempat untuk joging, bersepeda ataupun aktivitas olahraga lain juga bisa dikembangkan untuk kegiatan perekonomian masyarakat seperti yang dilakukan pada momen kali ini melalui Pasar Sore Ramadan.

"Dengan kehadiran UMKM kuliner di sekitar menjadi daya tarik tersendiri, yang penting jaga lingkungan dan kebersihan sungai. Ke depan kami harap dari Kelurahan ataupun wilayah bisa menggerakkan ekosistem yang sudah ada ini diikuti dengan keramah tamahan masyarakatnya,” kata dia.

Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, Cahya Wijayanta, menyatakan pembuatan Taman Perwira merupakan sebuah rangkaian panjang, yang menjadi bagian dari penataan kawasan pinggiran sungai untuk merepresentasikan wajah Kota Jogja yang cantik dan menarik.

"Kehadiran taman disambut dengan sangat antusias oleh warga, karena ini juga menjadi ikon pengungkit kesejahteraan di wilayah yang kedepannya juga akan dikembangkan melalui berbagai even rutin. Sehingga kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sekitar dapat berjalan optimal dengan menggandeng komunitas hobi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Final All England Pertemukan Ginting dan Jonatan, All Indonesian Final Kembali Tercipta Setelah 30 Tahun

Salah satu warga Prawirodirjan yang juga menjadi pedagang makanan di Taman Perwira, Fitri, menyambut baik RTHP di Lembah Sungai Code. "Pastinya merasa senang ya karena anak-anak bisa main di taman, sekaligus bisa juga untuk kegiatan perekonomian warga sekitar,” katanya.

Ia berharap dengan adanya RTHP ini ke depan akan semakin banyak kegiatan sehingga berdampak positif bagi perekobomian warga. “Semoga semakin banyak even rutin yang diadakan, jadi bisa menambah peluang untuk mendatangkan rezeki juga," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Diusulkan Jadi Cagub DKI Jakarta

News
| Sabtu, 27 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement