Advertisement

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Masyarakat DIY Diminta Memangkas Pohon

Newswire
Senin, 18 Maret 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Antisipasi Cuaca Ekstrem, Masyarakat DIY Diminta Memangkas Pohon Foto Ilustrasi. Sebuah pohon menimpa rumah di Sleman akibat hujan deras dan angin kencang, Jumat (15/2/2024). - ist - BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat DIY diminta untuk memangkas ranting atau dahan pohon yang terlalu rimbun untuk mencegah tumbang akibat cuaca ekstrem.  

"Mohon masyarakat melakukan pemangkasan pohon-pohon yang lapuk atau terlalu rimbun atau berpotensi roboh untuk mengantisipasi saat terjadi angin kencang," kata Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) DIY Lilik Andi Aryanto di Jogja, Senin (18/3/2024).

Advertisement

Menurut Lilik, imbauan itu ditekankan mengantisipasi kembali munculnya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang yang merobohkan puluhan pohon di Bantul, Gunungkidul, Sleman, dan Kulonprogo pada 14 Maret 2024.

"Kalau melihat beberapa kejadian kemarin memang banyak pohon tumbang karena terlalu rimbun," kata dia.

Selain pohon tumbang, cuaca ekstrem itu juga memicu puluhan rumah rusak, kerusakan fasilitas lain seperti akses jalan, jaringan listrik, jaringan listrik, hingga fasilitas ibadah.

Selain mendorong pemangkasan pohon, dia meminta masyarakat segera melakukan pembersihan drainase atau saluran air di kawasan permukiman, terutama yang tersumbat karena sampah yang berpotensi menjadi banjir.

BACA JUGA: Pejabat Pemkab Bantul Dilarang Pakai Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran, Ini Sanksinya

Berikutnya, dia juga meminta masyarakat mewaspadai retakan tanah di lingkungan sekitar mereka yang berpotensi longsor ketika terkena guyuran hujan lebat.

"Saat hujan deras disertai angin kencang dan petir diimbau menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan daerah aliran sungai," ujar dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di DIY mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi akibat hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang yang diprediksi terjadi di wilayah setempat.

Potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di DIY diperkirakan terjadi hingga 19 Maret 2024.

Pada 18 Maret potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di Kota Jogja, Sleman, Bantul bagian utara, Kulonprogo bagian utara, Gunungkidul. Kemudian pada 19 Maret 2024 potensi serupa terjadi di Sleman bagian utara dan Kulonprogo bagian utara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement