Advertisement

BEDAH BUKU: Menguatkan Kegemaran Membaca

Media Digital
Rabu, 20 Maret 2024 - 03:17 WIB
Sunartono
BEDAH BUKU: Menguatkan Kegemaran Membaca Suasana bedah buku berjudul Keajaiban dan Pahala Puasa karya Akhmad Iqbal di Omah Joglo Wanujoyo, Wanujoyo Lor, Srimartani, Kapanewon Piyungan, pada Selasa (19/3). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani.

Advertisement

JOGJA—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar bedah buku berjudul Keajaiban dan Pahala Puasa karya Akhmad Iqbal di Omah Joglo Wanujoyo, Wanujoyo Lor, Srimartani, Kapanewon Piyungan, pada Selasa (19/3/2024).

Ketua Tim Bedah Buku DPAD DIY, Sri Wahyudi menyampaikan sudah dua tahun belakangan DIY menjadi daerah dengan predikat tingkat kegemaran membaca terbaik nasional, sehingga untuk mempertahankan predikat itu kita terus berusaha memasyarakatkan kegemaran membaca salah satunya melalui bedah buku.

Advertisement

"Kegiatan bedah buku ini diinisiasi oleh DPRD DIY dengan DPAD DIY, bentuknya menghadirkan narasumber yang membedah buku yang isinya disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta," katanya, Selasa.

BACA JUGA : BEDAH BUKU: Belajar Teknologi Patbo Super lewat Bedah Buku

Dia menyampaikan bedah buku kali ini diselenggarakan di bulan Ramadan dan di lingkungan kaum Nahdliyin, maka buku yang dibedah mengenai keajaiban dan pahala puasa.

"Tema buku yang kami bedah akan disesuaikan dengan kebutuhan masyakat atau warga calon peserta atau lokasi dilaksanakan bedah buku," katanya.

Dia pun berharap diselenggarakannya bedah buku tersebut dapat membuat masyarakat setempat memahami isi buku, karena bertemu dan berdiskusi langsung dengan penulis dan praktisi yang dihadirkan dalam bedah buku tersebut. "Kami harap bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari," katanya.

Anggota DPRD DIY Aslam Ridlo menyampaikan lokasi diselenggarakannya diskusi buku tersebut merupakan daerah kampung santri. Di lokasi tersebut tradisi membacanya telah terbentuk, namun tradisi menulis masih perlu ditingkatkan. Dia menuturkan dalam bedah buku tersebut pihaknya berupaya mengenalkan budaya membaca dan menulis ke masyakat.

"Selama Ramadan itu ada ajakan untuk membaca, bukan hanya membaca secara tekstual tetapi juga menulis sebuah tulisan. Sengaja kami hadirkan penulis muda untuk bisa menginspirasi," katanya.

Dia berharap melalui bedah buku tersebut semangat menulis dan membaca akan tumbuh di masyarakat. Selain itu menurutnya masyakat juga dikenalkan dengan perpustakaan digital yang telah disediakan DPAD DIY. "Diharapkan semangat literasi dengan perpustakaan digital juga tumbuh," katanya.

BACA JUGA : Bedah Buku Ajak Tingkatkan Ibadah dan Literasi

Perwakilan Penerbit Svarga (Galangpressaja), Wahyu Wibowo berharap buku tersebut dapat menjadi renungan bagi banyak orang selama Ramadan. "Harapannya dengan membaca buku ini semoga kita termasuk orang-orang yang mampu memaknai ibadah Ramadan lebih sempurna," katanya.

Buku Kajian dan Pahala Puasa berisi mengenai amalan-amalan di bulan Ramadan yang bernilai tinggi, antara lain Nuzululqur'an, salat tawarih, meraih pahala lewat iktikaf. Kemudian ada pula manfaat sedekah untuk menghapus dosa, meraih Lailatulqadar, pahala umrah di bulan suci, pahala membaca Al-Qur’an, dan keutamaan salat subuh. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement