Advertisement

Pekan Ketiga Ramadan, Harga Daging Sapi Stabil Tinggi, Daging Ayam Naik

Alfi Annisa Karin
Selasa, 26 Maret 2024 - 11:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pekan Ketiga Ramadan, Harga Daging Sapi Stabil Tinggi, Daging Ayam Naik Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo saat memantau perkembangan harga daging sapi di Pasar Beringharjo, Selasa (26/3) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Pada pekan ketiga Ramadan, sejumlah komoditas bahan pokok mengalami kenaikan harga di Kota Jogja. Seperti yang terjadi di Pasar Beringharjo, Selasa (26/3/2024).

Salah satu pedagang daging ayam, Yani menuturkan sudah sepekan harga daging ayam tembus Rp39.000 hingga Rp40.000 per kilogram. Padahal, normalnya daging ayam dibanderol dengan harga Rp37.000 per kilogram. Dia menduga kenaikan harga ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan saat Ramadan dan mendekati momen lebaran.

Advertisement

"Nanti menjelang lebaran biasanya permintaan dan harganya akan naik lagi," kata Yani saat ditemui di Pasar Beringharjo, Selasa (26/3/2024).

Harga saat ini bukanlah harga tertinggi. Yani memprediksi harga ayam bisa saja kembali naik mendekati lebaran, puncaknya pada H-7 lebaran. Jika melihat tahun-tahun sebelumnya, harga ayam bisa mencapai Rp42.000 per kilogram. Yani mengaku, pelanggannya yang kebanyakan pedagang ayam geprek dan bakso itu kerap mengeluh lantaran harga ayam yang terus melonjak.

"Pada mengeluh kenapa harganya naik terus," imbuhnya.

Baca Juga

Permintaan Meningkat, Harga Daging Ayam di Bantul Merangkak

Harga Daging Sapi Diprediksi Naik 5-10 Persen Jelang Lebaran 2024

Mendag Sebut Harga Telur dan Daging Ayam Masih Mahal Karena Ini

Berbeda dengan daging ayam yang mengalami kenaikan harga, komoditas daging sapi justru cenderung stabil. Meski begitu, harga stabil ini juga terbilang tinggi. Pedagang daging sapi, Waliyem menuturkan saat ini daging sapi dibanderol dengan harga Rp130.000 per kilogram. Dia mengaku, penjualan saat Ramadan ini justru sepi. Penjualan akan kembali meningkat saat mendekati lebaran, tepatnya pada H-3 Lebaran hingga seminggu setelah Lebaran.

"Mendekati lebaran harga bisa Rp140.000 sampai Rp150.000 per kilogram. Habis itu harga akan normal lagi," kata Waliyem.

Sementara, Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menuturkan meski harga daging ayam naik, tetapi cenderung masih aman dan terkontrol. Di sisi lain, ada juga komoditas yang justru mengalami kenaikan harga, misalnya semua jenis cabai. Terkait dengan ketersedian bahan pokok menjelang lebaran, Singgih memastikan aman dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami melihat dari seluruh komoditas stoknya aman. Harga sangat stabil walaupun memang harga satu dua ada penurunan ada kenaikan," tuturnya seusai melakukan pantauan di Pasar Beringharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement