Advertisement

Jelang Lebaran, Stok Minyak Goreng Melimpah, Gula Pasir Banyak Dicari

Media Digital
Rabu, 27 Maret 2024 - 11:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Lebaran, Stok Minyak Goreng Melimpah, Gula Pasir Banyak Dicari Dinas Perdagangan Kota Jogja tengah melakukan pemantauan terhadap ketersediaan bahan pokok di dua gudang, Rabu (27/3) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Setelah sempat melakukan pemantauan di pasar tradisional, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja kembali melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok (bapok) jelang lebaran. Titik pertama, Disdag meninjau gudang minyak goreng (migor) yang ada di CV Intersumma Fortuna, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja.

Kepala Disdag Kota Jogja Veronica Ambar Ismuwardani menuturkan ketersediaan minyak goreng terbilang melimpah. CV Intersumma Fortuna memiliki stok minyak goreng mulai dari berbagai merek, ukuran, dan harga. Ambar memastikan kebutuhan minyak goreng mampu selama Ramadan dan menjelang lebaran mampu tercukupi.

Advertisement

BACA JUGA: Kalah di Pilpres, Anies Dikabarkan Jadi Ketum Pemuda Pancasila, Faktanya Seperti Ini

"Stoknya sangat melimpah, semua produk ada dan setiap dua hari sekali mereka distok sampai sekitar dua truk setiap dua hari," kata Ambar saat diwawancara, Rabu (27/3/2024).

Dia menambahkan, untuk memastikan stok tidak mengendap terlalu lama di gudang, minyak goreng akan langsung disetorkan ke seluruh pasar dan toko-toko ritel. Ini juga tak lepas dari peran CV Intersumma Fortuna yang merupakan distributor D1 yang menyuplai minyak goreng se-DIY. Sementara itu, di sisi lain minyak goreng kemasan kecil ukuran 0,5 liter justru mengalami kenaikan permintaan.

"Memang di distributor menyediakan yang kemasan kecil karena adanya kebutuhan untuk parsel dan lain-lain," imbuhnya.

Setelah meninjau CV Intersumma Fortuna, Disdag kembali mengecek ketersediaan bapok di Gudang Pusat Pamella. Secara keseluruhan, Ambar memastikan stok bapok mencukupi. Hanya saja, gula pasir menjadi komoditas yang cukup menjadi perhatian. Hal ini lantaran tingginya permintaan yang menjadikan stok terbilang menipis.

"Kalau di ritel Pamella, gula menjadi kebutuhan yang ternyata prosentasenya paling tinggi. Kondisi (stok) saat ini agak berkurang. Tapi ketersediaan ada karena banyak merek yang masuk di Kota Jogja," ujarnya.

BACA JUGA: Pengamanan Sidang Sengketa Pemilu 2024 di MK, Polri Kerahkan Ratusan Personel

Menipisnya stok gula pasir ini menjadikan toko-toko ritel harus melalukan pembatasan pembelian, yakni maksimal 2 kg perorang. Ini agar penjualan gula pasir merata di masyarakat. Di sisi lain, Ambar juga mengajak masyarakat untuk bijak dalam belanja.

"Saya berharap masyarakat juga memahami situasi ini untuk membeli sesuai kebutuhan. Jangan banyak memborong karena kalau ada permintaan yang meningkat, harganya pasti juga akan tinggi sehingga kita berharap kita bijak untuk berbelanja," imbaunya.

Sementara, General Manajer Pamella Supermarket Wildan Zia MD menuturkan pemasok gula pasir kini tak memberi alokasi seperti biasa. Jika biasanya dia bisa meminta pasokan hingga puluhan ton, menjelang lebaran ini pihaknya hanya mendapatkan alokasi 5 ton. Ketersediaan yang ada saat ini bahkan kurang dari 5 ton. Wildan mengaku harus mengambil barang dari luar Yogyakarta. Pabrik Gula Madukismo di Bantul juga menurutnya sudah lama ini tak beredar di pasaran.

"Madukismo (MK) sampai sekarang belum dapat info mengenai itu yang jelas di pasaran belum ada gula MK. Kami sendiri cari-cari, akhirnya kami ambil dari Lamongan, Alhamdulillah bisa masuk. Tapi mungkin serapan di Jatim besar, jadi tidak begitu dapat barang," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement