Advertisement

Ratusan Polisi Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Selasa, 02 April 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
Ratusan Polisi Dikerahkan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Kota Jogja Ilustrasi pos pengamanan Lebaran 2023. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Jajaran Pemkot Jogja beserta stake holder terkait mulai bersiap menyambut datangnya pemudik yang wisatawan dari luar daerah. Persiapan turut  dilakukan salah satunya oleh Polresta Jogja.

Kapolresta Jogja Kombes Pol Aditya Surya Dharma memastikan pihaknya siap melakukan penanganan. Sebanyak 560 personel turut dikerahkan pada gelaran Operasi Ketupat Progo 2024 yang akan dilaksanakan mulai 4 April hingga 16 April mendatang.

Advertisement

"Kami turut mengantisipasi berbagai macam kegiatan masyarakat terurama yang mudik, yang berwisata, giat-giat pada saat takbir keliling, dan salat ied," ujarnya saat jumpa pers di Balai Kota Jogja, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA : Mudik Lebaran, Harga Tiket Bus Gunungkidul-Jakarta Tembus Rp620.000

Aditya juga mengatakan pihaknya akan melaksanakan pengamanan pada 11 April 2024, tepatnya pada gelaran grebeg syawal. Sebab, kegiatan ini akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan maupun pemudik. Polresta Jogja turut melakukan koordinasi dengan Keraton Yogyakarta maupun Pemkot Jogja. Kaitannya dengan penyiapan pengamanan maupun pengalihan arus.

"Terutama rekayasa lalu lintas yang rawan laka padat, kami juga siapkan ada tim urai," imbuhnya.

Di sisi lain, Aditya menambahkan nantinya akan ada 4 pos terpadu dan pos pengamanan. Pos terpadu tepatnya di Pos Teteg Malioboro. Sementara, pos pengamanan ada di kawasan Tugu, Titik Nol Kilometer, dan GL Zoo. "Kami mohon dukungan dari warga kalau ada rekayasa lalu lintas mohon dipatuhi," katanya.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengungkapkan lebih dari 11 juta orang akan datang ataupun melintas di Yogyakarta pada momen lebaran mendatang. Singgih memastikan Pemkot Jogja terus bersinergi dengan TNI maupun Polri untuk menciptakan suasana yang kondusif. Patroli akan terus digencarkan baik untuk upaya pencegahan maupun penindakan.

"Kami mengoptimalkan polsek dan menggerakkan hingga ke koramil," kata Singgih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Slamet Berstatus Waspada, Pendaki Diminta Patuhi Larangan

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement