Advertisement

Anak Bendahara Umum DPP PAN Ini Selangkah Lagi Kembali Ikut Pilkada Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 02 April 2024 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Anak Bendahara Umum DPP PAN Ini Selangkah Lagi Kembali Ikut Pilkada Gunungkidul Mahmud Ardi Widanto. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sesuai jadwal, pendaftaran Pilkada kabupaten/kota se-Indonesia baru dibuka pada Agustus 2024. Meski begitu, beberapa partai politik sudah mulai melakukan penjaringan calon, salah satunya adalah yang terjadi di Gunungkidul.

Sekjen DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin mengatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN bersama DPW dan DPD baru saja menggelar rapat koordinasi persiapan penjaringan calon kepala daerah/wakil kepala daerah Pilkada 2024 secara virtual, Senin (1/4/2024).

Advertisement

Dalam rapat tersebut, Bendahara Umum DPP PAN, Totok Daryanto dan putranya, Mahmud Ardi Widanta juga hadir.

Mahmud Ardi Widanta merupakan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Gunungkidul yang ikut dalam kontestasi Pilkada 2020 bersama Sutrisna Wibawa sebagai Calon Bupati. "DPD harus mempersiapkan tim pilkada. Baru nanti proses untuk komunikasi dengan partai lain dan para calon," kata Anwarudin, Selasa (2/4/2024).

Anwarudin mengaku bahwa DPP PAN kemungkinan akan memberikan surat rekomendasi bagi Mahmud Ardi untuk kembali maju sebagai Cawabup Gunungkidul. Hanya memang surat rekomendasi belum dia terima. Dengan begitu belum ada kepastian cawabup. "Mas Ardi selaku kader partai memang menjadi kandidat kuat yang dibicarakan baik cabang maupun ranting yang potensial untuk kembali maju," katanya.

Selain Mahmud Ardi, Ketua DPD PAN, Arif Setiadi juga masuk radar Pilkada 2024 bersama kader internal PAN lain seperti Supriyadi. Dengan begitu ada tiga kandidat potensial yang kemungkinan akan maju dalam Pilkada 2024.

Anwarudin menerangkan setelah pembentukan tim yang pihaknya targetkan selesai pada akhir April 2024, tim akan mulai mencari koalisi. Tegasnya semua partai tidak dapat bergerak sendiri.

Disinggung mengenai komposisi koalisi, dia tidak dapat memberikan jawab. Meski begitu tidak menutup kemungkinan koalisi dalam Pilkada 2020 masih akan terjadi. "Tetapi semua masih memungkinkan. Tidak ada sekat dengan siapapun. Bisa koalisi kemarin [Pilkada 2020], bisa juga koalisi yang sama seperti pendukung Pilpres, atau bahkan partai yang tidak mendukung Pilpres [partai selain pendukung Capres 02]," ucapnya.

BACA JUGA: Namanya Paling Santer di Pilkada Jogja, Heroe Poerwadi: Saya Terbuka dengan Parpol Mana Saja

Lebih jauh, Anwarudin yang saat ini juga menduduki kursi DPRD Gunungkidul mengaku ada pembicaraan internal PAN untuk mengusung Bupati Gunungkidul, Sunaryanta sebagai cabup meski masih terbuka kemungkinan lain.

Sebelumnya, Cabup Gunungkidul dalam Pilkada 2020, Sutrisna Wibawa menegaskan akan kembali maju sebagai cabup. Hanya saja dia belum dapat memastikan cawabup yang akan mendampinginya, termasuk komposisi koalisi. Setidaknya akhir April 2024, Sutrisna baru dapat menyampaikan cawabup dan koalisi pengusung dalam Pilkada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Mengaku Belum Mendapat Tanggapan Hamas Soal Usulan Gencatan Senjata di Gaza

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement