Advertisement

Untoro Hariadi Siap Maju Jadi Calon Bupati Bantul pada Pilkada 2024

Jumali
Sabtu, 06 April 2024 - 16:07 WIB
Ujang Hasanudin
Untoro Hariadi Siap Maju Jadi Calon Bupati Bantul pada Pilkada 2024 Untoro Hariadi - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dosen Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Untoro Hariadi mengaku siap maju sebagai calon Bupati Bantul pada Pilkada Bantul 2024.

Warga Nogosari, Trirenggo, Bantul ini mengaku siap untuk membawa Bantul lebih baik ke depan.

Advertisement

“Awalnya saya itu tidak terlintas untuk maju sebagai calon Bupati Bantul di Pilkada 2024. Tapi dengan adanya dukungan dari sejumlah elemen warga di Bantul agar saya maju, maka saya apresiasi dan menghargai dukungan mereka,” kata pria bergelar doktor tersebut, Sabtu (6/4/2024).

Meski mendapatkan dukungan dari berbagai element, Untoro sadar jika keinginan maju sebagai bupati Bantul akan mengalami kendala. Sebab, Untoro bukanlah pengurus partai. Selain itu, Untoro juga belum mendapatkan kendaraan politik, atau partai untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati ke KPU Bantul pada Pilkada 2024.

Begitu juga dengan jalur independen, Untoro mengaku cukup sulit untuk mendaftar sebagai calon Bupati Bantul. Pasalnya untuk mendaftarkan diri sebagai calon Bupati, dirinya harus didukung sekurangnya 60.000 dukungan yang dibuktikan dengan KTP.

“Untuk lewat independen sepertinya memang sulit. Untuk itu, gak ada gambaran lewat jalur tersebut,” sambungnya.

Untuk mewujudkan rencana mendaftar sebagai calon bupati Bantul, Untoro mengaku telah mulai berkomunikasi dengan beberapa partai. Tidak hanya PDIP, Untoro juga berkomunikasi dengan partai lainnya.

“Komunikasi terus saya lakukan. Kebetulan ada banyak teman-teman yang kini ada di partai,” ucap Untoro.

BACA JUGA: Bakal Diusung PKB dan Golkar Saat Pilkada 2024, Begini Reaksi Bupati Halim

Terkait dengan latar belakang dan visi yang akan dibawa saat mencalonkan diri sebagai Bupati Bantul pada Pilkada 2024, Untoro mengaku ke depan Bantul harus lebih baik.

“Karena ada potensi-potensi yang bisa dioptimalkan ke depan. Utamanya kawasan selatan Bantul. Dan timing saat ini tepat, karena adanya JJLS, Jembatan Pandansimo dan Bandara YIA,” ungkap Untoro.

Untuk itu kedepan, kata Untoro, Bantul harus semakin membuka diri. Karena Bantul banyak potensi yang dimiliki. Ke depan, Bantul harus dibangun dari selatan ke utara. Sehingga pendekatan kewilayahan penting untuk pengembangan dan perkembangan Bantul ke depan. “Tentunya harus ada kebersamaan dari semua pihak,” ucap Untoro.

Untoro sendiri sejatinya bukan orang baru di Bantul. Untoro sempat menjadi kandidat bakal calon bupati pada Pilkada Bantul 2014 dari PDIP. Hanya saja, Untoro yang masuk kandidat Calon Bupati Bantul bersama Sri Surya Widati, dan Suharsono gagal diajukan. 

Penyebabnya, hasil survey dari PDIP terhadap tiga kandidat menempatkan Untoro memiliki hasil survey paling rendah yakni 11,70 persen. Sedangkan Suharsono 18,10 persen dan Sri Surya Widati 68,4 %. Alhasil, PDIP memilih Sri Surya Widati sebagai calon bupati yang diusung pada Pilkada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement