Advertisement

Layanan Kesehatan di Saptosari Gunungkidul Terkendala Kondisi Jalan dan Topografi

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 06 April 2024 - 16:57 WIB
Ujang Hasanudin
Layanan Kesehatan di Saptosari Gunungkidul Terkendala Kondisi Jalan dan Topografi Ilustrasi pelayanan kesehatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Saptosari masuk dalam daftar layanan kesehatan yang siaga di lokasi wisata dalam rangka libur panjang Idulfitri 2024. Puskesmas tersebut akan menerapkan layanan mobile.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Saptosari, dr. Ari Hermawan mengatakan ada tiga lokasi wisata yang masuk wilayah kerjanya seperti Pantai Ngrenehan, Nguyahan, dan Ngobaran. Tiga petugas akan melakukan pemantauan mobile karena tidak ada posko yang dapat dijadikan basecamp. Sisanya, petugas siaga di Puskesmas.

Advertisement

Ari mengaku fasilitas minim yang jajarannya miliki membuat penanganan medis tidak dapat dilakukan secara cepat dan efektif. Beberapa pantai memiliki jarak yang cukup jauh satu dengan lainnya. Akses jalan juga sempit.

Sebab itu, dia telah mengajukan pembangunan posko kesehatan di lokasi wisata permanen. Posko tersebut semakin mendesak karena sudah mulai bermunculan pantai baru di Kapanewon Saptosari. Ari juga mengusulkan motor ambulan. Dibandingkan dengan ambulan, motor tersebut lebih cepat dan dapat menjangkau lokasi terpencil. Motor roda dua itu dapat dilengkapi dengan boks. Setidaknya boks tersebut  dapat memuat perangkat portable Automated External Defibrillator (AED) dan Pertolongan Pertama Dalam Kecelakaan (P3K).

BACA JUGA: Pospam Hargodumilah Patuk Gandeng Bengkel Online untuk Pemudik Lebaran 2024

“AED tersebut perlu dibawa karena Ketika saya masih bertugas di Puskesmas Tepus, ada wisatawan terkena serangan jantung. Peristiwanya terjadi ketika libur panjang Idulfitri juga,” kata Ari dihubungi, Sabtu (6/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement