Advertisement

Masjid Gedhe Kauman Siap Tampung Ribuan Jamaah Saat Salat Idulfitri

Alfi Annisa Karin
Senin, 08 April 2024 - 18:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Masjid Gedhe Kauman Siap Tampung Ribuan Jamaah Saat Salat Idulfitri Suasana Masjid Gedhe Kauman, Senin (8/4/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Pengelola Masjid Gedhe Kauman mulai bersiap menyambut pelaksanaan salat Idul Fitri pada Rabu, 10 April mendatang.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Azman Latief menyebut hingga saat ini persiapan telah mencapai lebih dari 90% bahkan bisa dibilang hanya tinggal menunggu hari H saja. Nantinya salat ied akan dilaksanakan di plataran masjid.

Advertisement

BACA JUGA: Masa Angkutan Lebaran 2024, KAI Bandara Menambah 8 Perjalanan KA Bandara YIA Xpress

"Karena sunnahnya salat ied baik Idulfitri maupun Iduladha itu kan di tanah lapang, tidak di masjid. Jadi, kita siapkan di plataran," ujar Azman, Senin (8/4/2024).

Azman menyebut biasanya salat ied dilaksanakan di Alun-Alun Utara. Namun, sejak terakhir kali pada 2019, pelaksanaan salat ied selalu dilaksanakan di halaman masjid. Dia menambahkan, persiapan salat ied di Masjid Gedhe Kauman juga turut menggandeng panitia hari besar Islam (PHBI) Kota Jogja, warga setempat, anggota takmir, hingga ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah. Segala perlengkapan seperti panggung dan karpet juga telah disiapkan.

"Sebelumnya sudah biasa kita gunakan di alun-alun. Itu sudah tersedia. Bukan ngusung dari masjid ke luar. Ada khusus untuk salat ied, tinggal pasang-pasang. Sudah ada gudangnya, tinggal mengeluarkan," jelasnya.

Azman menyebut, jamaah salat Idul Fitri pada tahun sebelumnya bisa mencapai 2 ribu hingga 3 ribu orang. Sementara, kapasitas maksimal yang bisa ditampung adalah hingga 4 ribu jamaah. Meski banyak pemudik, tapi Azman mengatakan jamaah salat Idul Fitri diperkirakan masih akan didominasi oleh warga Kota Jogja. Sebab, menurutnya pemudik lebih senang melaksanakan salat ied di dekat rumah.

"Kecuali memang punya ikatan emosional, sejak kecil salatnya di alun-alun, lalu sekarang di Masjid Gedhe Kauman yang juga dekat dengan alun-alun, sekalian plesir," katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional, Exit Tol Ngawen Jadi Favorit Pemudik Dibandingkan Exit Tol Ceper

Azman menuturkan pihanya turut menghadirkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2010-2015, Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin yang akan bertindak sebagai khatib.

"Untuk imamnya adalah Zaim Muwafiq, imam Masjid Gedhe Kauman," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puskesmas Dipasangi Internet Starlink, Pembiayaan Pakai Dana Operasional Kesehatan

News
| Senin, 20 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement