Advertisement

Gelombang Pantai Baron Gunungkidul Naik 2 Meter, Wisatawan Harus Waspada

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 11 April 2024 - 19:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gelombang Pantai Baron Gunungkidul Naik 2 Meter, Wisatawan Harus Waspada Wisatawan sedang bermain air di Pantai Baron, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul pada Kamis (11/4/2024). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono menyampaikan ada kenaikan gelombang setinggi 7 feet atau sekitar 2 meter. Meski tergolong normal, dia meminta wisatawan tetap waspada.

Marjono menjelaskan kenaikan gelombang akan bertahan di angka 7 feet sampai Sabtu (13/4/2024). Menurut dia, kenaikan tersebut tergolong aman. Kendati demikian, dia meminta agar wisatawan tetap waspada.

Advertisement

“Persewaan payung untuk wisatawan bersantai itu digeser ke tepi. Kalau di posisi semula kena ombak. Gesernya sekitar 5 meter dari lokasi awal,” kata Marjono dihubungi, Kamis (11/4/2024).

Menurut Marjono, kenaikan gelombang merupakan siklus tahunan. Dia juga telah menyiagakan SAR sebanyak 64 personel yang dibagi dalam 9 koordinator lapangan selama libur panjang Idulfitri. Lokasi pantauan ada sekitar 57 titik pantai.

Sarana dan prasarana juga telah disiapkan oleh Marjono baik kapal jungkung, jet ski maupun sarana lain. Dengan begitu, dia mengaku siap apabila perlu melakukan evakuasi.

“Kalau ubur-ubur tidak ada. Ubur-ubur baru akan muncul ke permukaan air di pertengahan bulan Juli, Agustus, hingga pertengahan September,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Gumpalan Awan Abu Vulkanik Membumbung Setinggi 4.000 Meter

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement