Advertisement

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Jumali
Jum'at, 19 April 2024 - 18:32 WIB
Budi Cahyana
Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir Soimah Pancawati - Facebook Soimah Pancawati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Artis Soimah Pancawati masuk radar calon bupati Bantul yang akan diusung PDI Perjuangan atau PDIP pada Pilkada 2024. Jika bersedia, Soimah akan bersaing dengan Ketua DPC PDIP Bantul sekaligus Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo untuk mendapat rekomendasi dari pengurus pusat partai.

DPC PDIP Bantul telah membuka penjaringan internal untuk kandidat bupati Bantul. Hasilnya, dari 17 pimpinan anak cabang (PAC) dan 75 ranting PDIP Bantul, semua kepengurusan mendorong Joko Purnomo yang kini menjadi Wakil Bupati Bantul dan Ketua DPC PDIP Bantul untuk maju sebagai calon bupati.

Advertisement

PAC Sewon mengusulkan nama Joko Purnomo dan Aryunadi, anggota DPRD Bantul. PAC Bambanglipuro mengusulkan Joko Purnomo dan Hanung Raharjo, Ketua DPRD Bantul. PAC Kasihan dan Bambanglipuro mengusulkan Joko Purnomo dan artis Soimah Pancawati.

BACA JUGA: Warung Mi Ayam Jadi Sponsor Persiba Bantul di Liga 3, Begini Ceritanya

Sekretaris Tim Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo, mengatakan hasil tersebut dibawa dalam rapat internal DPC PDIP Bantul.

“Pak Hanung semalam sudah menyatakan diri tidak bersedia untuk diusulkan,” kata Rajut, Jumat.

Tiga nama calon lainnya, yakni Aryunadi, Joko Purnomo, dan Soimah Pancawati, akan dimintai kesediaan. “Selain itu kami juga masih membuka pendaftaran dari eksternal partai ataupun yang belum terjaring sampai Kamis [25/4/2024]. Setelah itu maka semua yang masuk akan kami panggil dan kami sodorkan formulir,” kata Rajut.

Berkas pendafaran dan kesediaan bakal calon nantinya akan dikirimkan ke DPP paling lambat 31 Mei 2024.

“Soal nanti siapa yang akan mendapatkan restu, semua tergantung dari DPP. Termasuk kemungkinan melakukan survei, nanti akan dilakukan oleh DPP,” kata Rajut.

BACA JUGA: Terus Jajaki Sejumlah Parpol jelang Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Sebut Kantongi Nama Wakil

Proses penjaringan baru menyaring nama-nama yang diusulkan maju sebagai kandidat bupati, sedangkan bakal wakil bupati belum diseleksi. “Proses ini masih terus berjalan. Kami pun mulai menurunkan tim untuk melakukan komunikasi dengan partai lain,” ucap Rajut.

Terpisah, Joko Purnomo mengaku siap maju menjadi calon bupati sesuai aspirasi mayoritas kader partai. “Kader partai harus siap ditugaskan kemana saja,” kata Joko.

Joko akan berkomunikasi dengan Abdul Halim Muslih agar persaingan dalam pilkada berjalan dengan baik dan lancar serta tak menimbulkan persoalan.

“Tapi, secara prinsip kami siap bekerja sama dengan partai mana pun pada pilkada mendatang,” kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement