Advertisement

Viral Mobil Terjebak di Kali Kuning Lereng Merapi karena Sopir Nekat, Begini Nasibnya

Catur Dwi Janati
Senin, 22 April 2024 - 14:02 WIB
Budi Cahyana
Viral Mobil Terjebak di Kali Kuning Lereng Merapi karena Sopir Nekat, Begini Nasibnya Mobil terjebak di Kalikuning, lereng Merapi, Pakem, Sleman, Minggu (21/4/2024). - Istimewa/Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANMobil wisatawan yang nekat akhirnya terjebak di aliran air sungai Kali Kuning di kawasan lereng Merapi, Pakem, Sleman. Video mobil yang terjebak di aliran sungai tersebut viral.

Kejadian semacam ini bukan pertama kalinya terjadi di Kali Kuning, padahal petugas sudah berulang kali mengingatkan para wisatawan. Dalam video yang beredar luas, mobil berwarna putih tampak tak bergerak di aliran sungai Kali Kuning sementara jip-jip wisata melintas di sekitarnya. 

Advertisement

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Dardiri mengatakan insiden terjebaknya mobil BMW itu terjadi pada Minggu (21/4/2024) sekitar pukul 13.30 WIB. Mobil berisi empat orang tersebut terjebak kurang lebih sekitar satu jam sebelum akhirnya ditarik ke tempat yang aman. 

BACA JUGA: Mbah Benu Pendiri Masjid Aolia Sebut Kanjeng Ratu Kidul Jumlahnya Sembilan, Semua Jadi Jemaahnya

"Mobil pribadi masuk di Kali Kuning, dia [pengemudi] enggak tahu medannya akhirnya terjebak, macet," kata Dardiri pada Senin (22/4/2024).

Menurut keterangan Dardiri, sejumlah awak jip wisata sudah mengingatkan agar mobil wisatawan tak masuk ke area sungai. Sebab, wisatawan tidak tahu menahu seluk beluk aliran kali dan kondisi trek Kalikuning. Namun pengemudi nekat melintas hingga mobil yang dia kemudikan terjebak di Kali Kuning. 

"Jadi sudah dibilangin jangan masuk, tapi nekat. Ya sudah," ujar dia. 

Pengemudi kesulitan mengeluarkan mobil tersebut dari aliran air. "Agak lama, terus akhirnya mobil ditarik sama rekan-rekan jip. Begitu naik langsung dipesankan towing [mobil derek]," kata dia. 

BACA JUGA: Merapi Erupsi, Ini Rute Baru Jip Lava Tour yang Diklaim Aman

Mobil terjebak di Kalikuning semacam ini bukan kali pertama. Sebelumnya mobil Pajero hingga Fortuner milik wisatawan juga pernah terjebak di Kalikuning. Kebanyakan kasusnya sama, karena sopir tidak mengindahkan peringatan yang ada.

"Dulu Pajero, terus Fortuner. Sering lah. Sopir ingin coba-coba akhirnya banyak yang [terjebak] di situ," ucap dia. 

Pengelola jip sudah sering memberikan pemahaman kepada para wisatawan yang hendak membawa mobil mereka turun ke Kalikuning. Namun, peringatan tersebut sering tidak mempan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement