Advertisement

Heroe Poerwadi Kumpulkan Berkas Pendaftaran Cawali ke DPD Golkar Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Rabu, 24 April 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Heroe Poerwadi Kumpulkan Berkas Pendaftaran Cawali ke DPD Golkar Kota Jogja Heroe Poerwadi saat mengumpulkan berkas pendaftaran penjaringan calon wali kota Jogja di Kantor DPD Golkar Kota Jogja, Rabu (24/4) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mendatangi Kantor DPD Golkar Kota Jogja, Rabu (24/4/2024). Tujuan kedatangannya kali ini adalah untuk mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan calon Wali Kota Jogja yang digelar oleh Partai Golkar.

Heroe menyebut ini merupakan bagian dari mekanisme Partai Golkar. Sebab, masing-masing partai memiliki mekanisme masing-masing dalam melakukan penjaringan calon Wali Kota Jogja. Di sisi lain, Heroe mengatakan bahwa partainya, PAN, memang harus berkoalisi.

Advertisement

"Yang pertama kami harus koalisi karena tidak cukup kursi kami dan dalam beberapa proses komunikasi yang sudah dilakukan beberapa kali, berkali-kali itu memang kita harus menyesuaikan cara teman-teman partai untuk melakukan rekrutmen dan berkoalisi," ujar Heroe saat ditemui di Kantor DPD Golkar Kota Jogja, Rabu (24/4/2024).

Heroe mengaku optimistis koalisi antara PAN dan Golkar bisa terjalin kembali pada pilkada kali ini. Menurutnya, kerja sama antara keduanya telah terjalin sejak 2001, sehingga baginya ini menjadi tradisi. Dia berharap tradisi koalisi PAN dengan Golkar bisa kembali terjalin.

"Saya optimistis. Moga-moga kebiasaan kita, tradisi kita selalu berkoalisi dengan Golkar akan terus berlanjut. Itu harapan kami," katanya.

Heroe mengaku telah berkomunikasi dengan seluruh parpol. Beberapa di antaranya telah terjalin secara intensif. Namun, Heroe menambahkan dia akan mengikuti mekanisme pendaftaran pencalonan dari masing-masing partai.

BACA JUGA: Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

"Kami masih komunikasi dengan teman-teman partai lain. Apakah mereka punya mekanisme sendiri apa enggak. Atau seperti biasa kita hanya diskusi panjang kemudian kita selesaikan koalisinya. Kami masih menyesuaikan cara teman-teman partai lain berkoalisi," katanya.

Saat ditanya soal sosok yang akan mendampinginya menjadi calon Wakil Wali Kota Jogja, Heroe mengaku masih fokus pada pencalonan Wali Kota. Nantinya akan ada komunikasi lebih lanjut antara PAN dengan partai yang disepakati untuk berkoalisi.

"Nanti saja, karena kan kami harus diskusikan dengan teman-teman partai yang lain kalau udah koalisi. Kalau sudah berkoalisi nanti kita bicarakan dengan teman-teman partai yang sudah sepakat dengan koalisi kami," katanya.

Pengumpulan berkas pendaftaran diterima secara langsung oleh Ketua DPD Golkar Kota Jogja Agus Mulyono. Dia berharap, koalisi antara Golkar dengan PAN bisa kembali terwujud. Komunikasi juga telah dilakukan dengan partai-partai lainnya. Dia mengaku Golkar tak mau menutup diri. Sementara keputusan, dia serahkan kepada DPD Golkar DIY.

"Kami komunikasi politik kan itu kami ada semangat untuk meneruskan tradisi. Pak Heroe mengatakan (koalisi) sejak 2001, kami tahunya 2007, Golkar-PAN, Golkar-PAN. Sampai insya Allah nanti lagi. Kita meneruskan tradisi itu saja," katanya.

Agus menuturkan hari ini tercatat ada lima orang yang mengumpulkan berkas pendaftaran penjaringan calon wali kota Jogja. Di antaranya adalah anggota DPD RI Dapil DIY Muhammad Afnan Hadikusumo, Mantan Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, dan seorang pengusaha Yogyakarta Aryanto. "Ada Penjabat Wali Kota Jogja Singggih Raharjo. Lalu di internal saya sendiri," ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement