Advertisement

Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul

Jumali
Kamis, 25 April 2024 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul Ilustrasi Pilkada /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak empat bakal calon (bacalon) bupati dan wakil bupati Bantul tercatat mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP Bantul, Kamis (25/4/2024).

Keempat bacalon tersebut adalah  Joko Purnomo, Aryunadi, Abul Halim Muslih, dan Bejo WTP.

Advertisement

Sekretaris tim penjaringan calon bupati dan wakil bupati Bantul, DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo mengatakan, untuk Abdul Halim Muslih pengambilan formulir telah dilakukan Selasa (23/4/2024).

Sedangkan untuk Aryunadi dan Joko Purnomo, Rajut mengatakan usai rapat penjaringan internal PDIP Bantul, formulir telah diberikan kepada keduanya.

"Untuk Soimah, kami telah berkomunikasi dengan suaminya, dan beliau tidak bersedia. Pak Aryunadi dan Pak Joko Purnomo juga sudah kami kasih formulirnya," papar Rajut, Kamis (25/4/2024) siang.

Sementara untuk Bejo WTP, Rajut menyatakan telah ada komunikasi dan akan mendaftar pada Kamis (25/4/2024) siang pukul 14.00 WIB di kantor DPC PDIP Bantul.

"Kami tunggu sampai pukul 6 lah nanti. Ada toleransi untuk yang sudah konfirmasi," lanjut Rajut.

Menurut Rajut, sampai saat ini pihaknya masih menunggu bacalon yang telah mengambil formulir untuk mengembalikan formulir dan berkas sampai 27 April 2024. Nantinya pada 27 April 2024, baru akan diketahui siapa saja yang mendaftar.

"Jadi nanti siapa saja, baru diketahui setelah tanggal 27 April 2024. Jadi sampai saat ini kami masih membuka pendaftaran," lanjut Rajut.

Sementara bacalon bupati dan wakil bupati Bantul Bejo WTP mengakui jika dirinya akan mengambil formulir di Kantor DPC PDIP Bantul, Kamis (25/4/2024) sore.

BACA JUGA: PKS dan PAN Bantul Belum Bisa Pastikan Berkoalisi dengan Partai Lain di Pilkada Bantul

"Ini saya dalam perjalanan. Nanti saya akan ambil formulir pendaftaran. Soal apakah nanti daftar calon bupati atau wakil bupati, lihat nanti. Kan, tidak harus dikembalikan hari ini juga. Jadi nanti saya akan berembuk dengan tim," kata lurah Canden, Jetis ini.

Terkait dengan rencana pengembalian formulir yang akan dilakukan oleh Joko Purnomo dan Abdul Halim Muslih, Rajut mengakui dari komunikasi dengan kedua bacalon tersebut, keduanya rencananya akan mengembalikan formulir bersamaan pada Sabtu (27/4/2024).

"Rencananya iya. Sudah konfirm pak Halim tanggal 27, untuk Pak Joko kan sekarang masih di Jakarta, baru sampai Jogja pada Jumat dan infonya tanggal 27 akan mengembalikan," kata Rajut.

Menurut Rajut, nantinya nama-nama bacalon yang telah mengembalikan formulir akan langsung dikirimkan ke DPP PDIP. Nantinya, soal pengerucutan nama yang dipilih dan restu pasangan yang diusung menjadi kewenangan dari DPP PDIP.

"Nanti kan DPP akan mengundang calon-calon terjaring untuk dikomunikasikan. Sebelum itu juga akan ada survey yang dilakukan oleh DPP," papar Rajut.

Terkait survey, Rajut menyatakan nanti akan dilakukan oleh lembaga survey Pandawa dari DPP PDIP. Berbeda dengan partai Golkar, biaya survey semua ditanggung DPP PDIP.

"Biaya ditanggung semua oleh DPP," ucap Rajut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aturan Barang dari Luar Negeri Tak Lagi Dibatasi, Mendag Zulhas Minta Jastiper Taati Hukum

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement