Advertisement

Harga Tiket Masuk Museum Jogja Kembali dan Jam Buka

Ujang Hasanudin
Sabtu, 27 April 2024 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
Harga Tiket Masuk Museum Jogja Kembali dan Jam Buka Museum Jogja Kembali. - Dinas Kebudayaan DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Museum Jogja Kembali atau lebih dikenal dengan Monjali merupakan museum atau tempat yang menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini merupakan salah satu museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan DIY, Monjali ini mulai dibangun pada tanggal  29 Juni 1985 dan diresmikan pada 6 Juli 1989 oleh Presiden Soeharto. Museum ini didirikan dengan tujuan untuk memperingati peristiwa sejarah ditariknya tentara kolonial Belanda dari Ibu Kota Jogja pada tanggal 29 Juni 1949, yang sekaligus juga menjadi penanda berfungsinya kembali Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia yang direbut dari penjajah Belanda. 

Advertisement

Bangunan Monjali berbentuk kerucut yang terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 terdiri dari 4 ruang museum. Museum 1 berisi koleksi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia, museum 2 berisi koleksi tentang perang Gerilya dengan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, museum 3 berisi koleksi yang berhubungan dengan peristiwa Serangan Umum 1949, dan museum 4 yang berisi koleksi yang berhubungan dengan DIY sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Kemudian lantai 2 merupakan area yang terdiri dari zona diorama dan relief. Dalam ruang diorama terdapat 10 diorama yang menggambarkan berbagai peristiwa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Yogyakarta. Lalu di area outdoor terdapat 40 relief yang juga menggambarkan berbagai peristiwa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Yogyakarta.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Terbaru dan Jam Buka Kids Fun Park Jogja

Sementara lantai 3 yang diberi nama Ruang Garba Graha. Ruang Garba Graha merupakan ruang hening yang berfungsi sebagai tempat untuk mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur.

Museum ini terletak di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, atau sekitar 3 kilometer dari pusat kota Jogja. 

Museum ini buka setiap hari dari Selasa hingga Minggu (kecuali Senin) mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. khusus Sabtu dan Minggu tutup pukul 16.30 WIB. 

Night Museum dibuka di bulan Desember liburan Natal & tahun Baru Pukul 19.00 – 21.30 WIB. Untuk harga tiket masuk Rp15.000 per orang. Namun jika rombongan dengan jumlah minimal 30 orang tiket masuk bisa diskon sampai 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unboxing Paket Mainan Megatron, Kemenkeu Pastikan Itu Bukan Ulah Bea Cukai

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement