Advertisement

ITD Adisutjipto Bekali Mahasiswa dengan Mindset dan Soft Skill Dunia Kerja lewat Kuliah Umum

Media Digital
Senin, 29 April 2024 - 21:27 WIB
Arief Junianto
ITD Adisutjipto Bekali Mahasiswa dengan Mindset dan Soft Skill Dunia Kerja lewat Kuliah Umum ITD Adisutjiopto menggelar kuliah umum bertajuk Kehidupan Dunia Kerja di Aula Husein Sastranegara, Gedung Rektorat ITD Adisutjipto, Senin (29/4/2024). - Harian Jogja

Advertisement

BANTULInstitut Teknologi Dirgantara (ITD) Adisutjipto menggelar kuliah umum bertajuk Kehidupan Dunia Kerja di Aula Husein Sastranegara, Gedung Rektorat ITD Adisutjipto, Senin (29/4/2024). Kuliah umum tersebut diselenggarakan untuk membekali mahasiswa kemampuan yang diperlukan di dunia kerja. 

Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Arwin Datumaya Wahyudi Sumari menyampaikan mahasiswa perlu memiliki kemampuan hard skill, soft skill dan mental yang kuat untuk memasuki dunia kerja. 

Advertisement

“Dunia kerja terkenal kejam, karena itu lulusan baru harus menghadapinya [dunia kerja] dengan mindset, hard skill dan soft skill yang kuat. Ini akan diperoleh dari praktisi industri yang akan memberikan kuliah umum hari ini,” ujarnya. 

Menurut Arwin selama ini mahasiswa telah dibekali dengan hard skill melalui pembelajaran dalam perkuliahan. Sementara soft skill dan mental mahasiswa juga dibentuk dengan nilai kedirgantaraan yang dibentuk di ITD Adisutjipto. Nilai yang ditanamkan tersebut yaitu kejujuran, ketulusan, ketekunan dan kedisiplinan. Menurutnya nilai kedirgantaraan tersebut merupakan keunggulan mahasiswa ITD Adisutjipto untuk bersaing di dunia kerja. 

Dia menyampaikan lulusan ITD Adisutjipto selama ini telah banyak terserap di berbagai bidang pekerjaan. Beberapa di antaranya berada di bidang kedirgantaraan dan industri umum berskala  nasional dan internasional.

“Prospeknya [pekerjaan lulusan ITD Adisutjipto] sangat besar, karena kita tidak hanya memberikan Sumber Daya Manusia [SDM] yang sudah disiapkan secara intelektual hard skill dan soft skill, namun yang utama mereka mempunyai leadership. Karena di perguruan tinggi kami, kami membentuk karakter. Karakteri ini yang menjadi kunci utama keberhasilan mereka di dunia industri,” kata dia. 

Kemudian dalam kuliah umum tersebut Direktur PT Duta Laserindo Metal, Tiwan Luitama menyampaikan mahasiswa perlu memiliki branding yang kuat untuk memasuki dunia kerja. Menurutnya, mahasiswa harus mampu menampilkan kemampuannya dengan personal branding yang tepat. "Kami menyiasati agar tampilan kami [personal branding] sesuai misi," katanya. 

BACA JUGA: ITDA Seimbangkan Intelektual dan Atittude Mahasiswa Baru

Selain itu, menurut Tiwan, mahasiswa juga perlu memiliki keberanian mengambil risiko dan tanggungjawab saat di dunia kerja nanti. Mereka juga dituntut mampu melakukan perbaikan pekerjaan yang berkesinambungan dan konsisten.

Kuliah umum tersebut juga menghadirkan Direktur PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri, Petrus Tedja Hapsoro dan alumni ITD Adisutjipto, Jumani yang saat ini bekerja di PT Sampoerna Surabaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement