Advertisement

ITDA Seimbangkan Intelektual dan Atittude Mahasiswa Baru

Media Digital
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
ITDA Seimbangkan Intelektual dan Atittude Mahasiswa Baru Rektor ITDA, Kolonel Lek Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, dalam pembukaan pendidikan mahasiswa baru ITDA, Jumat (7/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Setelah melalui Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru selama empat hari, mahasiswa baru Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) memulai masa pendidikan yang dibuka pada Jumat (7/10/2022).

Rektor ITDA, Kolonel Lek Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, menjelaskan para mahasiswa baru ditekankan untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai attitude karakter kedirgantaraan yang dimiliki ITDA, yakni jujur, tulus, tekun dan disiplin.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Jujur dalam berpikir, berbicara dan bertindak. Kedua tekun dalam mengembangkan keilmuan dan keahliannya di bidang kedirgantaraan. Ketiga tulus dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara melalui ilmu yang telah ia peroleh. Keempat disiplin dalam segala aktivitas,” ujar Rektor ITDA.

Ia berpesan agar mahasiswa ketika lulus baik sebagai engineer, pengusaha, teknokrat maupun militer, untuk memberikan service excellent. Dengan penekanan empat hal itu, mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studi dalam waktu empat tahun.

“Akan sangat senang jika mereka bisa menyelesaikan dalam waktu 3,5 tahun. Itu akan lebih baik. peluang mereka untuk bekerja akan lebih luas dengan menerapkan keempat value itu. Karena yang dibutuhkan di insustri adalah itu,” ungkap rektor.

ITDA menurutnya memiliki keunggulan yakni keseimbangan antara intelektual dengan attitude. Berada di bawah naungan institusi militer TNI AU, nilai-nilai itu menjadi penting. “Dalam kunjungan saya di mitra industri, mereka menekankan dua hal, attitude dan kedisiplinan,” kata Rektor ITDA.

Alumni ITDA banyak bekerja di bidang kedirgantaraan, dunia militer dan industri pendukung. Ia melihat saat ini peluang untuk masuk ke industri kedirgantaraan sangat bagus. Pasca pandemi Covid-19, industri kedirgantaraan sudah kembali bergairah.

“Sekarang industri penerbangan sedang naik. Karena selama dua tahun sempat terpuruk karena Covid-19, sekarang malah meningkat. Sehingga kami baru saja menandatangani kerja sama dengan GMF [Garuda Maintenance Facility] untuk memberikan basic lesson perawatan pesawat terbang kepada alumni ITDA,” katanya.

Advertisement

Sedangkan untuk di dunia militer, alumni diarahkan ke Teknik Dirgantara, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Informatika. Tahun ini, sudah dibuka peluang untuk Teknik Elektro, Teknik Industri, Informatika, Penerbangan dan Aeromatika.

Mulai tahun ini, ITDA juga menerima S1 ekstensi maupun D3 dari perwira TNI dan Bintara. “Karena lulusan sebelum 2011 mereka belum memiliki gelar kesarjanaan. Jadi mereka yang belum punya gelar bisa di-equivalent mata kuliah di sini sehingga bisa menyelesaikan dalam waktu singkat,” ungkapnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement