Advertisement

Harian Jogja Raih Penghargaan Silver Winner IPMA SPS Award 2024

Abdul Hamied Razak
Rabu, 01 Mei 2024 - 00:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Harian Jogja Raih Penghargaan Silver Winner IPMA SPS Award 2024 Kover Harian Jogja edisi 5.211 yang terbit pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAHarian Jogja mendapat penghargaan Silver Winner kategori sampul (cover) terbaik untuk media regional Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dalam Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2024 yang diadakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) tahun ini. Penghargaan diberikan dalam SPS Awards yang digelar di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (30/4/2024) malam.

Silver Winner diberikan kepada sampul Harian Jogja edisi 5.211 yang terbit pada Kamis, 26 Oktober 2023. Pada halaman muka, Harian Jogja menurunkan infografis visi dan misi calon presiden dan wakil presiden yang berlaga di Pilpres 2024. Infografis itu diturunkan menjadi laporan utama dan headline halaman muka untuk menginformasikan kepada publik gagasan dan janji calon presiden dan calon wakil presiden yang resmi mendaftar ke KPU.

Advertisement

BACA JUGA: Harian Jogja Raih Gold Winner Indonesia Print Media Award


Kover Harian Jogja edisi 5.211 yang terbit pada Kamis, 26 Oktober 2023.


Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono mengatakan laporan tersebut merupakan upaya Harian Jogja untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai calon pemimpin negara ini lima tahun ke depan.

"Agar pembaca mengetahui dengan jelas bagaimana visi dan misi yang diusung calon presiden dan calon wakil presiden dan memandu pembaca memilih sesuai hati nurani," kata Anton.

Selain Harian Jogja, media yang tergabung dalam Bisnis Indonesia Group, yakni Bisnis Indonesia dan Solopos juga mendapat penghargaan dari SPS.


Bisnis Indonesia memborong tiga penghargaan, yakni Silver Winner dalam kategori media untuk anak muda atau Indonesia Young Readers Award (IYRA) 2024, yang ditujukan untuk Hypeabis.id. Kemudian, Silver Winner Indonesia Print Media Awards (IPMA) dalam kategori foto jurnalis terbaik pada edisi Minggu (25/6/2023). Terakhir, Silver Winner IPMA dalam kategori surat kabar terbaik berhasil disabet oleh Bisnis Indonesia dengan terbitan cetak weekly edisi Minggu (4/6/2023) dengan judul "Tumpah Ruah Berkah Limbah".

Adapun, Solopos meraih Bronze Winner kategori sampul terbaik media regional Jawa, Bali dan Nus Tenggara. Bronze Winner IPMA diberikan kepada Solopos untuk edisi koran 22-23 Juli 2023.

Ketua Umum SPS 2023-2027 Januar P. Ruswita (kiri) memberikan penghargaan Silver Winner untuk Harian Jogja kepada Redaktur Pelaksana Harian Jogja Budi Cahyana dalam SPS Awards 2024 di Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Selasa (30/4/2024)./Harian Jogja-Arif Budisusilo


Januar P Ruswita, Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) Terpilih periode 2023-2027 pada sambutannya mengatakan SPS merupakan organisasi perusahaan pers tertua yang lahir 78 tahun lalu, di mana sebagian besar anggotanya adalah perusahaan-perusahaan media cetak. Untuk memotivasi dan mengapresiasi para pengelola media cetak, untuk ke 15 kalinya menyelenggarakan SPS Award.

SPS Awards tahun ini menghadirkan beberapa kategori kompetisi, yakni: Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), Indonesia Students Media Awards (ISMA), dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

“Sejalan dengan perkembangan teknologi digital, selain mengompetisikan IPMA, InMA, IYRA dan ISMA, SPS juga mengapresiasi media-media yang sudah melakukan transformasi ke platform digital, melalui IDMA, Indonesia Digital Media Award,” ungkap Januar di sela kegiatan.

Dia menuturkan bahwa jumlah entry tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. SPS Award 2024 sekarang ini diikuti oleh 719 entry, yang terdiri dari 299 entry kategori IPMA, 205 entry kategori InMA, 12 entry kategori IYRA, 85 entry kategori ISMA, dan 118 entry kategori IDMA.

“Suatu yang menggembirakan untuk jumlah entry IPMA ada kenaikan entry dibanding tahun lalu. Begitu juga jumlah entry, ISMA dan IDMA ada kenaikan jumlah entry dibanding tahun lalu. Ini mengindikasikan bahwa media-media cetak Insya Allah bisa bertahan dan tetap eksis, kemudian media-media kampus juga masih disukai, dan portal berita juga berkembang baik. Insya Allah dengan Industri media bisa tetap eksis serta mampu melakukan transformasi ke platform digital dengan mengembangkan juga media-media portal beritanya,” ungkapnya.

Perhelatan SPS Awards 2024, lanjut Januar, menegaskan peran pers dalam membangun demokrasi saat ini telah terimplementasikan dalam berbagai peran penting. Di mana pers tidak saja semata menjadi institusi penyebarluasan informasi bagi publik, tetapi juga merepresentasikan fungsi kontrol, fungsi kritik, sekaligus memberikan ruang bagi partisipasi publik. Pers adalah salah satu elemen penting penopang demokrasi.

"Maka, keberadaan pers yang sehat, baik itu sehat secara bisnis maupun produk, adalah keniscayaan, demi mewujudkan demokrasi yang kuat,” pungkas Januar.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal SPS Pusat Asmono Wikan mengapresiasi seluruh entri SPS Awards 2024. Ada tantangan kreativitas yang dimiliki oleh setiap karya lomba dan harus ditaklukkan melalui penguatan kompetensi jurnalisme dan visual awak media. "Kompetisi ini dirancang untuk menghasilkan karya terbaik di bidang jurnalisme media cetak dan online yang senantiasa relevan bagi kebutuhan publik audiensnya, tanpa menisbikan pendekatan jurnalisme profesional," katanya.

Adapun Dewan Juri SPS Awards 2024 terdiri dari 7 juri yaitu Jojo S Nugroho (Dewan Penasihat Asosiasi Perusahaan PR Indonesia), Mas Sulistyo (Creative Director DM ID Group), Asmono Wikan (Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat), Agus Susanto (Wartawan Foto Harian Kompas), Nia Sarinastiti (Dosen Ilmu Komunikasi dari Unika Atmajaya), Yadi Hendriana (Ketua Komisi Pengaduan Etika Pers di Dewan Pers), dan Hermanus Prihatna (Pensiun Redaktur Foto Kantor Berita Antara).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indosat Buka Peluang Kolaborasi dengan Semua Pihak, Termasuk Starlink Indonesia

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement