Advertisement

Bakal Ramaikan Pilkada, Simak Geliat Para Bakal Calon Kepala Daerah Bantul

Jumali
Selasa, 07 Mei 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Bakal Ramaikan Pilkada, Simak Geliat Para Bakal Calon Kepala Daerah Bantul Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah bakal calon (balon) bupati dan wakil Bantul pada Pilkada 2024 telah mendaftarkan diri melalui sejumlah partai politik yang membuka penjaringan. Langkah itu dilakukan agar keinginan mereka maju pada Pilkada Bantul 2024 berjalan mulus.

Balon wakil bupati Bantul, Bejo WTP mengaku sampai saat ini baru mendaftar di DPD II Golkar Bantul. Bejo telah mendaftar dan mengembalikan formulir pendaftaran. Bahkan, saat ini Bejo masuk dalam delapan balon yang disurvei oleh Partai Golkar.

Advertisement

"Untuk pendaftaran melalui PDIP kemarin tidak jadi. Sementara baru lewat Golkar lebih dulu. Untuk lewat partai lain, saya menunggu dinamika politik," kata Bejo, Selasa (7/5/2024).

Bejo juga mengaku tidak melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan elektabilitas saat dilakukan survei oleh partai Golkar. Termasuk memasang baliho. Dia yakin, dirinya cukup dikenal oleh masyarakat Bantul dan akan memperoleh elektabilitas yang cukup baik. "Saya tidak mau curi start. Lagian masyarakat juga sudah bisa menilai," imbuh Bejo.

Sementara balon bupati Bantul, Untoro Hariadi mengungkapkan dirinya tidak hanya mendaftar melalui DPD II Golkar Bantul, akan tetapi juga lewat DPC Partai Demokrat Bantul. Langkah itu dilakukan agar dirinya terjaring dan bisa didaftarkan menjadi calon bupati Bantul.

Bahkan, untuk meningkatkan elektabilitasnya saat Partai Golkar melakukan survei, Untoro telah turun ke tingkat padukuhan. Ada beberapa padukuhan yang telah didatangi dengan harapan, ketika survei dilakukan nanti elektabilitasnya meningkat. "Saya sudah ke beberapa daerah di Imogiri, Sedayu, Bambanglipuro dan beberapa kapanewon lainnya. Agar masyatakat mengetahui saya," jelasnya.

Berbeda dengan Bejo dan Untoro, balon bupati Bantul lainnya, yakni Agus 'Moncer' Santoso tidak hanya mendaftar melalui DPD II Golkar Bantul, tetapi juga mendaftarkan diri ke DPC Partai Demokrat Bantul. Untuk meningkatkan elektabilitasnya saat dilakukan survei oleh Partai Golkar, Agus telah memasang 15 baliho di sejumlah titik di Kabupaten Bantul. "Ini sebagai sarana saya mengenalkan diri ke masyarakat. Jika saya akan maju," kata Agus.

Selain itu, Agus juga siap untuk maju melalui jalur perseorangan, jika nantinya tidak ada partai yang mengusungnya. "Saya nanti akan daftar perseorangan juga. Soal syarat KTP, saya sudah punya," ucap Agus.

BACA JUGA: Golkar Lakukan Survei Elektabilitas Balon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Bantul 2024 Pekan Ini

Sedangkan balon bupati yang juga bupati petahana, Abdul Halim Muslih mengaku sampai saat ini telah mendaftar di dua partai yakni DPD II Golkar Bantul dan DPC PDIP Bantul.

Sejauh ini, Halim yang juga ketua DPC PKB Bantul juga terus melakukan komunikasi politik dengan parpol lainnya terkait dengan kemungkinan koalisi pada Pilkada 2024. "Komunikasi politik terus saya lakukan, tidak hanya satu dua partai tapi juga dengan semua partai," jelas Halim.

Sementara wakil bupati petahana yang juga balon bupati lewat PDIP Bantul, Joko Purnomo sejauh ini terdaftar maju sebagai balon bupati lewat PDIP. Joko yang juga Ketua DPC PDIP Bantul itu mengaku jika komunikasi dengan partai lain masih sebatas informal terkait kemungkinan koalisi. "Sampai saat ini kami masih lakukan komunikasi intensif dengan semua partai," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement