Advertisement

Golkar Lakukan Survei Elektabilitas Balon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Bantul 2024 Pekan Ini

Jumali
Selasa, 07 Mei 2024 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Golkar Lakukan Survei Elektabilitas Balon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Bantul 2024 Pekan Ini Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Bantul memastikan menggelar survei popularitas para pendaftar bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024 pada pekan ini.

Survei yang melibatkan lembaga riset politik Voxpol Center tersebut digelar sebagai salah satu parameter untuk menentukan siapa yang nantinya akan mendapatkan restu dari DPP Partai Golkar.

Advertisement

Ketua DPD II Partai Golkar Bantul Paidi mengungkapkan, penandatangan kesepakahaman dengan Voxpol Center telah dilakukan pekan lalu. Dimana, Voxpol Center nantinya akan melakukan survei terkait dengan elektabilitas dari delapan orang yang mendaftar dan mengembalikan formulir pendaftaran lewat DPDII Partai Golkar Bantul.

BACA JUGA: Golkar Gandeng Voxpol Center Lakukan Survei Popularitas Bakal Calon Bupati di Pilkada Gunungkidul 2024

Adapun perinciannya, ada tiga balon yang mendaftar untuk posisi bupati, yakni Untoro Hariadi (dosen Universitas Janabadra), Abdul Halim Muslih (Bupati Bantul saat ini), dan Agus 'Moncer' Santoso (pengusaha). Sedangkan untuk lima balon yang mendaftar untuk posisi wakil bupati yakni Amin Purnama (advokat), Bejo WTP (Lurah Canden, Jetis), Ali Rasyid (pengusaha) Mujiyat (Pj Bupati di Kalimantan Selatan) dan Ahmad Badawi (tokoh masyarakat).

"Delapan orang itu yang disurvei. Untuk pelaksanaan survei akan dilakukan oleh Voxpol Center," terang Paidi, Selasa (7/5/2024).

Sekretaris DPD II Partai Golkar Bantul, Widodo mengungkapkan, survei tersebut akan dilakukan dalam tiga tahap. Di mana, survei awal hanya akan melibatkan satu-satu balon. Selanjutnya, survei akan dilakukan dengan melakukan pemasangan balon yang mendaftar.

"Jadi itu dilakukan setiap bulan. Nanti Mei-Juni, Juli-Agustus, dan terakhir jelang pendaftaran. Untuk teknisnya ada di Voxpol Center," terang Widodo.

Terkait dengan pembiayaan, Widodo mengungkapkan, survei dibiayai sepenuhnya oleh 8 balon yang mendaftar lewat DPD II Golkar Bantul. Di mana, biaya survei akan dibagi rata ke masing-masing balon. "Jadi ditanggung bersama," ucap Widodo.

Sementara berkaitan dengan adanya balon yang memasang baliho untuk meningkatkan elektabilitasnya saat survei dari DPD II Golkar Bantul, Paidi mengungkapkan, hal tersebut boleh-boleh saja. "Apalagi tujuannya kan untuk meningkatkan elektabilitasnya. Yang penting dia pakai biaya sendiri dan tidak mencantumkan logo kami," ucap Paidi.

Terpisah, salah satu balon yang mendaftar untuk posisi bupati lewat DPD II Golkar Bantul, Agus 'Moncer', Widodo mengaku memasang baliho bergambar dirinya di 15 titik di Kabupaten Bantul. "Tujuannya untuk mengenalkan diri saya. Apalagi, sebentar lagi, kan akan ada survei dari partai. Harapannya, ini bisa meningkat elektabilitas saya," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement