Advertisement

Makin Ramai! Begini Update Nama-Nama yang Muncul dalam Penjaringan Pilkada Bantul

Jumali
Senin, 13 Mei 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Makin Ramai! Begini Update Nama-Nama yang Muncul dalam Penjaringan Pilkada Bantul Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah partai politik di Bantul mengaku sampai saat ini belum bisa memastikan terkait dengan pengerucutan nama bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada Bantul 2024. Pasalnya, sampai saat ini komunikasi antarpartai politik dan juga balon bupati dan wakil bupati masih terus dilakukan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Bantul, Agung Laksmono mengaku sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penjajakan ke sejumlah partai terkait dengan kemungkinan koalisi dan juga pengusungan balon bupati dan wakil bupati tertentu pada Pilkada mendatang. "Belum ada. Kami masih terus melakukan penjajakan ke semua partai," kata Agung, Senin (13/5/2024).

Advertisement

Begitu juga terkait dengan calon kuat seperti Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo, Agung mengaku sampai kini belum bisa berkomentar banyak. Sebab, dengan dinamika politik yang saat ini ada, semua balon yang telah muncul dipermukaan masih memiliki peluang yag sama.

"Jadi nanti kami akan pertajam lagi. Tahapan kan juga masih lama, kami masih fokus penjajakan koaliasi, tentunya dengan mempertimbangkan elektabilitas beberapa balon yang ada," ungkap Agung.

Sementara Sekretaris DPC PKB Bantul Subhan Nawawi mengaku sampai saat ini pihaknya masih tetap mengusung Abdul Halim Muslih sebagai balon bupati Bantul pada Pilkada 2024. Untuk wakil, DPC PKB Bantul belum ada keputusan siapa yang akan diusung.

"Jadi semua masih penjajakan. Untuk posisi wakil bupati, kami juga belum ada calon atau kandidat siapa nanti yang akan diusung," jelas Subhan.

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto mengungkapkan, meski terus melakukan komunikasi dengan partai politik lainnya, namun sejauh ini, belum ada nama Joko Purnomo dan Abdul Halim Muslih dalam daftar balon yang digodok.

Justru, DPC Gerindra tengah menggodok nama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul Aris Suharyanta dan tokoh masyarakat asal Sedayu yang juga kerabat dari mantan Presiden RI, Soeharto, Aryo Winoto. Selain itu, ada tiga nama internal yang saat ini tengah digodok yakni Nur Subiyantoro, Datin Wisnu Pranyoto dan Danang Wahyu Broto. "Dan semuanya masih cair. Komunikasi dengan partai lainnya juga masih jalan dan belum ada keputusan," ucap Datin.

BACA JUGA: Muncul Wacana Halim-Joko Tukar Posisi untuk Pilkada Bantul 2024, Ini Tanggapan PKB dan PDIP

Sementara, Ketua DPC PDIP Bantul Joko Purnomo mengatakan sampai saat ini masih menunggu terkait mandat dari DPP PDIP. Sebab, sejauh ini, DPC PDIP Bantu telah mengirimkan sejumlah nama seperti Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo sebagai balon bupati dan Amin Purnama sebagai balon wakil bupati.

"Kami juga masih terus melakukan komunikasi dengan partai lainnya. Karena walaupun PDIP ini di Bantul meraih perolehan suara terbanyak dan mendapatkan 12 kursi, kita tetap tidak boleh jumawa. Kita tetap harus junjung asas kebersamaan dan koalisasi dengan partai di bantul," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setahun Penyerbuan Palestina, Begini Kondisi Israel, Krisis Ekonomi dan Sanksi Membayangi

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement