Advertisement

Dukung Kenaikan Tarif Wisata, Saryanto Minta Fasilitas Ditambah

Media Digital
Selasa, 14 Mei 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Dukung Kenaikan Tarif Wisata, Saryanto Minta Fasilitas Ditambah Anggota DPRD Bantul, Saryanto. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Saryanto mendukung dengan diberlakukannya tarif baru masuk sejumlah objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

“Kami sangat mendukung dengan adanya kenaikan tarif retribusi wisata Bantul untuk meningkatkan pendapatan asli daerah [PAD] Bantul. Apalagi sektor wisata ini kan menjadi andalan pendapatan daerah,” katanya, Senin (13/5/2024).

Advertisement

Diketahui, Pemkab Bantul resmi menaikkan tarif retribusi masuk sejumlah destinasi wisata di Bantul per 1 Mei 2024. Kenaikan harga tiket masuk wisata Bantul ini tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bantul No. 23/2024 tentang Tarif Retribusi Jasa Usaha atas Pelayanan Tempat Rekreasi, Pariwisata, dan Olahraga.

Kenaikan tiket masuk wisata berlaku untuk semua pantai di Bumi Projotamansari per kawasan. Misalnya kawasan Pantai Parangtritis dan Depok dari yang tadinya Rp10.000 per orang menjadi Rp15.000 per orang, sudah termasuk asuransi.

Demikian di pantai barat dari Pantai Baros, Samas hingga Pandansimo juga Rp15.000 per orang sudah termasuk asuransi. Kenaikan tiket masuk juga berlaku di destinasi wisata Gua Selarong dari Rp6.000 per orang menjadi Rp10.000 per orang, sudah termasuk asuransi.

Gua Cerme dari yang tadinya Rp5.000 per orang menjadi Rp10.000 per orang, termasuk asuransi.

Saryanto mengatakan rencana kenaikan tarif wisata itu sudah lama bergulir dan sudah beberapa kali masuk pembahasan di Komisi B DPRD Bantul. Saryanto merupakan anggota Komisi B yang kerap mengawal perkembangan sektor pariwisata.

Alasan kenaikan tiket masuk wisata itu, kata dia, karena tiket wisata sudah lama tidak mengalami penyesuaian. Padahal di daerah lain salah satunya di Gunungkidul sudah melakukan penyesuaian tarif retribusi wisata.

Kemudian Pemkab Bantul diminta untuk meningkatkan pendapatan daerah tahun ini, dan salah satu sektor yang bisa mendongkrak pendapatan daerah adalah pariwisata. Maka pihaknya menyepakati kenaikan itu agar PAD meningkat.

Dengan adanya peningkatan PAD, kata dia, maka sarana dan prasarana di kawasan wisata juga tentunya ditambah demi kenyamanan wisatawan sehingga wisatawan merasa kerasan ketika berwisata di Bumi Projotamansari sehingga wisatawan dapat mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

BACA JUGA: Bapemperda DPRD Bantul Optimistis 11 Raperda Selesai Tepat Waktu

Dampak positifnya tentu akan meningkatkan perekonomian warga setempat. “Jangan hanya PAD yang meningkat tetapi kenyamanan wisatawan juga terjaga dan kesejahteraan masyarakat sekitar juga meningkat,” ucapnya.

Lama Tinggal Wisatawan

Politikus Partai Gerindra ini juga meminta kepada Dinas Pariwisata Bantul untuk melakukan upaya-upaya agar lama tinggal (long stay) wisatawan bisa lebih lama lagi di Bantul.

Sejauh ini wisatawan yang berlibur ke Bantul hanya seharian, sementara mereka menginapnya di luar Bantul. Oleh karena itu perlu ada upaya untuk membuat lama tinggal wisatawan dengan memperbanyak atraksi wisata paket-paket wisata.

“Misalnya wisata dengan pengalaman langsung membuat keris di sentra kerajinan keris, sensasi menyaksikan langsung membuat gerabah di Kasongan, kulinernya di desa wisata, belanja oleh-olehnya di Bantul, dan menginapnya di Bantul,” ujar dia.

“Jadi jangan hanya mengandalkan spot selfie karena lama kelamaan wisatawan bosan dan enggan untuk datang lagi kalau tidak ada yang menarik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement