Advertisement

353 Jemaah Kulonprogo Awali Kedatangan Kloter DIY di Asrama Haji Donohudan

Ujang Hasanudin
Kamis, 23 Mei 2024 - 17:57 WIB
Ujang Hasanudin
353 Jemaah Kulonprogo Awali Kedatangan Kloter DIY di Asrama Haji Donohudan Jemaah calon haji asal Kulonprogo tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024). - Ist / Kemenag DIY

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Jemaah calon haji kelompok terbang (Kloter) 46-SOC asal Kulonprogo tiba di Asrama Haji Donohudan, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2024) sore. Mereka menjadi jemaah calon haji yang mengawali kedatangan Kloter haji DIY.

Turut menyambut kedatangan jemaah, Wakil Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Solo yang juga Plh. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Mukotip, Kakankemenag Kulonprogo Wahib Jamil, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Solo Basori Alwi dan jajaran PPIH lainnya.

Advertisement

“Setelah diperiksa kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) seluruh jemaah akan mendapatkan dokumen-dokumen seperti paspor, living cost, Alat Pelindung Diri (APD), gelang identitas, dan kartu nomor kamar asrama haji,” ungkap Mukotip di sela penyambutan sebagaimana dikutip dalama siaran resmi Kemenag DIY.

Mukotip merinci tiap jemaah akan mendapat living cost sebesar 750 riyal yang terdiri dari 1 lembar 500 riyal, 2 lembar 100 riyal, dan 1 lembar 50 riyal. “Untuk APD berupa masker, handsanitizer, dan obat-obatan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Kemenag DIY Berangkatkan 3.402 Calon Haji, Usia Tertua 95 Tahun

Mukotip mengingatkan, kartu identitas jemaah haji dengan barcode rangkap 3 wajib dikalungkan dan ditempelkan pada tas paspor dan koper kabin.

“Pemberian langsung seluruh fasilitas kepada jemaah merupakan bentuk layanan One Stop Service (OSS) dari PPIH Solo,” terang Mukotip. Konsep ini memberikan kemudahan bagi para jemaah, di mana seluruh proses administrasi, kesehatan, dan pembekalan dilakukan dalam satu lokasi terpadu di Asrama Haji Donohudan.

“OSS memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan ramah bagi Jemaah Haji. Hal ini diharapkan meningkatkan kenyamanan dan efisiensi juga menghemat tenaga bagi para jemaah sebelum keberangkatan,” pungkas Mukotip.

Sementara itu, Kakankemenag Kulon Progo Wahib Jamil menuturkan keseluruhan jemaah haji Kulon Progo berjumlah 377 orang. “Hari ini satu kloter penuh sebanyak 353 jemaah dan sisanya gabung kloter 100 SOC yang merupakan kloter sapu jagad,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem, Bapanas Siap Intervensi Pangan

News
| Minggu, 16 Juni 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement